Berita

    Featured Image

    Panduan untuk Pemula! Bagian-Bagian Dasar Interior Mobil

    Buat Anda yang baru ingin memiliki mobil impian, mengenali beberapa komponen yang ada dalam mobil atau bagian interior yang diinginkan rasanya penting untuk diketahui. Karena masih banyak pengendara yang hanya fokus pada komponen mesinnya saja, padahal bagian interior mobil juga penting untuk Anda pahami secara menyeluruh. 

     

    Sebab, interior pada kendaraan atau mobil Anda tersebut juga berpotensi mengalami kerusakan dan muncul beberapa kendala apabila tidak dirawat secara maksimal. Untuk itulah, Anda penting sekali untuk memahami dan mengenalinya dengan jelas agar nantinya bisa melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. 

     

    Biar Anda jauh lebih memahaminya, berikut ini akan ada beberapa penjelasan terkait beberapa bagian-bagian dasar interior mobil yang perlu diketahui. Yuk, simak ulasannya. 

     

    4 Bagian Interior yang Penting Untuk Diperhatikan

    Untuk Anda yang pemula atau baru memiliki mobil, ada beberapa bagian yang penting sekali untuk diperhatikan. Sebenarnya ada banyak bagian yang harus dipahami, namun beberapa bagian ini bisa menjadi bagian utama yang harus diperhatikan. 

     

    1. Bagian AC atau Air Conditioner 

    Di Indonesia sendiri AC termasuk poin yang paling penting, karena kondisi negara tropis yang panas, sehingga AC menjadi bagian yang krusial. Jika Anda berkendara tanpa menggunakan AC akan membuat kondisi dalam kabin akan tidak nyaman akibat kepanasan. 

     

    Bagian ini perlu Anda cek secara berkala, apalagi untuk Anda yang ingin membawa mobil Anda perjalanan jauh, rasanya penting untuk cek secara menyeluruh terlebih dahulu. Pastikan AC-nya panas atau tidak, jika terasa ada yang mengganjal, perlu pengecekan lebih dalam. 

     

    2. Melakukan Pengecekan Head Unit

    Head unit pada mobil sebagai poin penting juga berkaitan langsung dengan sinyal dan audio dalam mobil. Bentuknya sangat mudah untuk dilihat dan diketahui ketika Anda masuk ke bagian interior, sebab di sana akan ada layar yang mengatur audio, telpon (jika ada), radio, CD atau DVD. 

     

    Alangkah lebih baik Anda melakukan pengecekan, terutama untuk Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh atau melintasi perkotaan yang padat. Hiburan dalam berkendara salah satu faktor utama juga yang harus diperhatikan, biar menyetir Anda bisa maksimal dan nyaman. 

     

     

    3. Kemudi atau Steering Wheel

    Bagian utama yang menyangkut keselamatan dalam berkendara, kemudi atau setir ini termasuk yang paling utama untuk diperhatikan. Pastikan Anda mengecek kondisinya sejalan dengan arah ban atau tidak, selanjutnya Anda juga mengecek kinerja dari power steering-nya, apakah mampu bekerja dengan baik atau tidak. 

     

    Tidak boleh ketinggalan juga terkait bagian speedometer, biasanya di sana akan menginformasikan beberapa indikator yang ada dalam mobil Anda tersebut. Semuanya harus dicek dengan maksimal supaya Anda bisa berkendara dengan aman dan tidak ragu-ragu terkait kondisi kendaraan Anda tersebut. 

     

    4. Perhatikan Jok dan Karpet Mobil

    Kondisi jok dan karpet mobil yang bersih akan membuat perjalanan Anda akan jauh lebih nyaman. Pastikan semuanya dalam keadaan yang bersih, sehingga membuat Anda akan jauh lebih nikmat untuk menduduki kendaraan Anda tersebut. 

     

    Sekarang ini ada banyak jasa pembersihan jok dan karpet, idealnya Anda bisa melakukan pembersihan secara teratur. Terutama, pada bagian karpet mobil yang sering untuk dibersihkan, biasanya ini akan terlihat lebih mudah kotor dan banyak debu yang menempel di sana. Lakukan pembersihan dengan cairan khusus agar jok dan karpet mobil Adan tidak mudah rusak dan tahan lama, ya. 

     

     

    Demikianlah penjelasan lengkap terkait bagian interior mobil, terutama buat Anda yang baru memiliki mobil impian! Kunjungi terus www.suzukikjiu.id untuk mendapatkan informasi seputar tips dan cara-cara menarik dalam merawat mobil.