Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Utama Ban Mobil Botak Sebelah yang Wajib Diperhatikan

    Apakah Anda pernah mengalami ban mobil botak sebelah? Seperti permukaan ban yang tidak rata, baik itu dari sisi luar maupun sisi dalamnya. Hal ini tentu akan membuat pengalaman berkendara Anda menjadi tidak nyaman.

    Kemudian apa yang menyebabkan ban mobil menjadi tidak rata? atau bahkan hanya botak sebelah. Ban yang tidak rata bisa membawa efek yang buruk untuk mobil. Anda bisa ikuti ulasan berikut untuk mengetahuinya!

    Inilah Penyebab Ban Mobil Botak Sebelah

    Ban yang sering bergesekan dengan permukaan aspal maupun tanah secara terus-menerus bisa membuat permukaan menjadi tidak rata dan aus. Namun, bukan hanya itu saja penyebab ban menjadi tidak rata, Anda perlu tahu penyebab lainnya berikut ini.

    • Sudut Kemiringan Ban yang Tidak Lurus

    Pengaturan sudut kemiringan ban yang tidak lurus menjadi penyebab utama dalam permasalahan ini. Karena kesalahan teknis tersebut membuat permukaan ban tidak sama rata ketika menyentuh jalan.

    Akibatnya ada ban yang condong ke luar dan menyentuh aspal lebih dulu, membuat gesekan di sisi satunya menjadi lebih keras dan menyebabkan aus. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, sisi dalam ban bisa botak terlebih dahulu.

    • Setelan Suspensi Ban Tidak Benar

    Setelan suspensi yang salah menjadi faktor kedua yang membuat ban mobil cepat botak. Hal ini karena berpengaruh pada bagaimana ban mobil menapak pada jalan. Jika setelan suspensinya tidak pas, akan membuat ban miring ke satu sisi.

    Sisi yang lebih sering bergesekan dengan jalan membuat permukaannya menjadi cepat botak. Jika Anda tidak segera memperbaiki mobil dengan kondisi seperti ini, maka Anda harus siap dengan risiko di mana ban mobil Anda botak sebelah.

    • Tekanan Angin

    Tekanan angin yang tidak pas juga bisa menjadi penyebab ban mobil botak sebelah. Oleh, karenanya perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala.

    Jika tekanan angin ban mobil terlalu tinggi akan membuat bagian tengah ban mobil jadi cepat botak, sementara jika tekanannya terlalu rendah menyebabkan bagian luar ban mobil jadi lebih cepat terkikis.

    • Mengemudi dengan Agresif

    Mengemudi dengan agresif di jalanan tentu akan mempunyai dampak pada ban mobil kendaraan Anda. Terlebih jika itu Anda lakukan pada jalanan yang permukaannya tidak rata atau rusak.

    Berkendara dengan agresif atau ugal-ugalan kemudian melakukan pengereman secara tiba-tiba, membuat ban mobil Anda cepat terkikis.

    • Beban Mobil yang Terlalu Berat dan Kualitas Ban yang Menurun