Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Memutar Setir Mobil di Tikungan dengan Benar dan Mulus

    Saat berkendara, tentu Anda akan menemui tikungan. Untuk melewatinya dibutuhkan teknik menyetir yang tepat agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Anda perlu mengetahui cara memutar setir mobil dan hal lainnya pada saat hendak berbelok. 

    Teknik mengemudi saat menghadapi tikungan menjadi teknik dasar yang harus benar-benar dikuasai. Ingin tahu bagaimana teknik menyetir di tikungan yang benar? Simak artikel ini hingga selesai!

    5 Cara Memutar Setir Mobil yang Benar

    Anda perlu memberikan perhatian ekstra pada saat menghadapi tikungan. Berikut ini beberapa teknik yang perlu Anda perhatikan:

    • Mengurangi Kecepatan dan Berikan Sinyal

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dan lakukan adalah mengurangi kecepatan terlebih dahulu dan memberikan sinyal belok sebelum melewati tikungan. 

    Dengan menurunkan kecepatan dan memberikan sinyal, tentu dapat membantu pengemudi lain untuk lebih siaga dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan antar kendaraan. 

    Sehingga, ini dapat membuat Anda dan orang lain lebih aman dan nyaman saat berkendara.

    • Mengecek Kondisi Jalan Sekitar

    Sebelum Anda hendak berbelok di tikungan, pastikan Anda mengecek kondisi jalan sekitar terlebih dahulu dengan memperhatikan kaca spion. Pastikan apakah ada kendaraan lain yang tengah melintas entah itu dari arah yang sama maupun yang berlawanan. 

    cek kondisi jalan sebelum berbelokUnsplash.com

    Selain memperhatikan pengemudi lain, perhatikan pula berbagai marka jalan, penghalang, maupun hambatan lainnya yang ada di jalan tersebut. Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman dan memungkinkan Anda untuk berbelok. 

    • Menjaga Putaran Mesin

    Cara memutar setir mobil lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum berbelok di tikungan, pastikan Anda menjaga putaran mesin. 

    Caranya yaitu dengan menurunkan gigi kendaran untuk menghindari kemungkinan kendaraan sulit untuk dikendalikan saat melewati tikungan. Semakin mahir Anda mengontrol putaran mesin, tentu akan semakin mudah bagi Anda untuk mengontrol kecepatan mobil pada saat berbelok.  Pastikan pula seluruh komponen berfungsi dengan baik sehingga membuat Anda lebih merasa aman dan nyaman. 

    • Menggerakkan Setir

    Setelah Anda berhasil mengurangi kecepatan kendaraan dan memberikan sinyal berbelok, Anda dapat memutar setir mobil ke arah mana Anda akan berbelok. 

    Pastikan tidak memutar setir terlalu cepat atau terlalu lambat karena tentu dapat mengganggu stabilitasnya. 

    Anda dapat menggunakan teknik hand to hand dimana satu tangan menarik setir dan satu tangan lagi mendorong ke arah yang sama. Pastikan untuk memposisikan tangan berlawanan sehingga akan membuat Anda lebih mudah pada saat berbelok. 

    • Menambah Kecepatan Perlahan saat Telah Berbelok

    Pada saat mobil Anda telah berbelok, Anda dapat secara perlahan menambah kecepatan laju kendaraan. 

    Namun perlu diingat, jangan menambahkan kecepatan dengan terlalu cepat karena dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan lebih sulit untuk dikendalikan. 

    Tambah kecepatan pada saat yang tepat, karena jika Anda terlambat menambah kecepatan saat setelah berbelok, tentu akan mengganggu pengendara lain bahkan dapat membahayakan. 

    Apabila Anda menemukan kendala pada setir saat berbelok, Anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat atau berkonsultasi terlebih dahulu agar dapat dicek sesegera mungkin. 

    Itulah beberapa teknik atau cara memutar setir mobil yang benar. Agar Anda semakin mahir dalam melewati tikungan, pastikan untuk lebih sering berlatih mengemudi di tikungan. 

    Dengan berlatih lebih sering, tentu akan membuat skill Anda dalam melewati tikungan semakin meningkat.