Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Pasang Relay Klakson Mobil yang Benar dan Aman

    Relay klakson mobil adalah komponen yang berada di dalam fitur klakson. Ia berfungsi sebagai penghubung antara baterai dan arus listrik.

    Klakson sendiri merupakan salah satu fitur keselamatan mobil yang krusial. Sebab, perangkat ini membantu Anda untuk memberi petunjuk ke pengguna jalan lain bila ingin menyalip atau memberitahu sesuatu melalui suara yang dikeluarkannya. 

    Dikarenakan peran klakson mobil begitu penting, wajib bagi Anda untuk tahu cara pemasangannya agar tidak salah yang mengakibatkan rusak dan membahayakan penumpang maupun pengendara lainnya. 

    Di dalam artikel satu ini, Anda akan belajar tentang relay klakson dan tata cara pemasangannya. Jika Anda berminat untuk mengetahui seputar hal tersebut, maka saran terbaik adalah tidak melewatkan pembahasan ringkas berikut!

    Kenali Dulu Tentang Relay Klakson Mobil

    Sebelum ke langkah-langkah pemasangannya, Anda perlu tahu dulu tentang relay klakson. Perangkat ini difungsikan selayaknya saklar yang akan menghubungkan maupun memutuskan arus listrik ke baterai. 

    Tidak hanya itu, Anda pun perlu tahu bahwa komponen satu ini juga difungsikan supaya horn pad lebih awet dan tidak cepat rusak. 

    Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

    Pemasangan relay klakson mobil membutuhkan pemahaman mengenai komponen apa saja yang diperlukan agar aman dan akurat. Berikut langkah-langkah untuk memasang relay klakson. Namun, sebelum itu, Anda harus menyiapkan perangkat yang dibutuhkan yaitu: 

    • Socket relay
    • Kabel berserabut yang memiliki diameter 55 mm. 
    • Fuse box
    • Terminal konektor yang disesuaikan dengan arus listrik mobil. 
    • Ring terminal yang memiliki ukuran 10 mm. 

    Untuk langkah-langkah pemasangan relay klakson, Anda dapat menilik step-step ringkas di bawah ini:

    • Langkah 1: Lepaskan Dulu Kabel Klakson 

    Pertama, Anda harus menemukan dulu letak kabelnya dan lepaskan. Kemudian, hidupkan starter mobil ke posisi “ON”, tekan tombol klakson dan periksa dayanya menggunakan multimeter. Pastikan daya kabel yang dihasilkan adalah 12 volt. 

    • Langkah 2: Sambungkan Kabel ke Relay

    Bila sudah memperoleh daya 12 volt, matikan kembali mesin mobil dan pastikan starter sudah dalam posisi “OFF”. 

    Kemudian, Anda harus menyambungkan kabel yang ada di terminal 85 ke relay; kabel di terminal 86 dengan titik logam yang ada di dalam kendaraan memakai kabel pengukur berukuran 16 pendek menggunakan konektor, tanpa solder. 

    • Langkah 3: Sambungkan Kabel Klakson