Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi Overdrive untuk Kendaraan

    Overdrive atau O/D merupakan hasil percepatan setelan roda gigi – dimana memiliki rancangan guna memberi efisiensi dalam penggunaan bahan bakar saat mobil melaju sangat kencang. Berbeda dengan gigi rendah, fitur ini berasio gigi <1,0:1. 

    Melalui rasio tersebut, maka roda mobil lebih banyak berputar per putaran mesin. Dengan begini, RPM mesin bisa tetap rendah walaupun kecepatan mobil sedang berada dalam posisi yang tinggi. 

    Jika terdapat fitur ini, Anda harus tahu bahwa terdapat pula kebalikannya. Nah, kebalikan gigi fitur ini yakni granny gear. Fitur satu ini mampu menyuplai torsi dalam jumlah banyak ke roda. Namun dengan kecepatan sangat rendah.

    Kenali Fungsi dari Fitur Overdrive

    Entah dalam mobil bertransmisi manual maupun otomatis, fitur satu ini selalu tersedia. Nah, untuk fungsinya sendiri terbagi menurut perkembangannya dalam beberapa dekade. Untuk lebih jelas, berikut adalah informasinya:

    • Fungsi Tahun 1934 – 1980-an

    Tentang awal mulanya sendiri overdrive pertama digunakan di tahun 1934 – yang mana fitur ini adalah sistem terpisah yang dimanfaatkan untuk transmisi 3 kecepatan. Lalu, pengemudi mobil bisa menerapkan fitur ini secara manual dalam gigi 3 atau 2.

    Tentunya hal tersebut disertai kecepatan jelajah. Pada sejumlah mobil, melepas pedal gas – secara otomatis bisa menyebabkannya berpindah pada gigi fitur ini. Menekan pedal gas kembali bisa melepaskannya dan ini berlangsung sampai tahun 1980-an.

    • Fungsi Terkini

    Peningkatan pengetahuan memicu perkembangan teknologi, sehingga menyebabkan peningkatan kecepatan kendaraan pula. Maka dari itu, keefisienan, keamanan, dan kenyamanan pun diperlukan. 

    Berkaitan dengan hal tersebut, fungsi fitur overdrive pun menyesuaikan. Dengan begitu, kini ia hanya bagian transmisi yang bekerja secara natural dalam setiap keteraturan pemindahan gigi.

    Mobil bertransmisi modern umumnya mempunyai gigi fitur ini sebanyak 2 hingga lebih pada daerah atas gigi reguler. Untuk mencegah mesin menerapkan roda gigi, Anda dapat mematikan fitur ini. Mayoritas mobil terkini memiliki tombol kontrolnya.

    Perbedaan Fitur O/D dalam Transmisi Otomatis dan Manual

    Anda perlu tahu bahwa mobil bertransmisi matik secara natural dapat berpindah pada gigi fitur overdrive menyesuaikan kebutuhan. Dalam mobil bertransmisi manual, secara natural pengemudi dapat berpindah pada gigi fitur ini sekali dalam kecepatan tinggi.