Berita

    Featured Image

    Ketahui 5 Cara Merawat Jok Kulit Pada Mobil

    Seperti yang kita ketahui, seluruh produk yang mempergunakan bahan kulit memerlukan perawatan ekstra. Contohnya saja seperti jok kulit mobil. Lebih-lebih bila sering tidak dirawat, tentu kerusakan akan mudah terjadi. Sebenarnya, bagaimana cara merawat jok kulit mobil?

    Harus diakui, meskipun jok kulit mobil membutuhkan perawatan ekstra, tetapi masih banyak pemilik kendaraan yang memilih jok dengan bahan dari kulit. Hal ini disebabkan karena tampilan jok kulit yang sangat keren.

    Cara Merawat Jok Kulit Mobil

    Apakah Anda juga menggunakan jok kulit mobil? Agar tidak terjadi kerusakan, berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan, antara lain:

            1. Seka Menggunakan Air serta Lap Bersih

    Untuk merawat jok, pastikan membersihkannya secara teratur. Namun, hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin merawat jok kulit adalah memperhatikan bahan yang digunakan untuk membersihkan jok.

    Perawatan jok pada dasarnya tidak memerlukan peralatan mahal, Anda hanya membutuhkan air serta lap bersih. Nantinya, air tidak boleh langsung disemprotkan ke permukaan, tetapi disemprotkan terlebih dahulu ke kain lap.

    Kemudian, peras kain lap hingga kering dan sedikit lembab. Kemudian lap area jok, khususnya di area yang kotor. Bila lap terlalu lembab, aplikasikan lap kering agar tidak muncul bercak bekas air di jok. 

    Anda juga dapat menggunakan pembersih kulit khusus yang banyak tersedia di pasaran. Bila menggunakan pembersih, pastikan produk tersebut tidak boleh langsung disemprotkan ke jok, tetapi gunakan lap untuk mengaplikasikan lap tersebut. 

            2. Gunakan Sikat Lembut

    Ketika mendapati kerak atau kotoran yang sulit dibersihkan pada jok, Anda dapat menggunakan sikat lembut. Sikat khusus bayi yang lembut dapat digunakan. Cara merawat jok kulit mobil menggunakan sikat dapat dilakukan dengan memberikan pembersih tepat di bulu sikat. 

    Kemudian, sikat di area jok yang kotor. Pastikan menyikatnya secara perlahan. Hindari menekan sikat seperti membersihkan kerak keras. Penyikatan dapat dilakukan searah agar hasil yang diberikan lebih maksimal. 

    Ketika kotoran sudah terangkat, Anda dapat menggunakan lap untuk membersihkannya. Bila kotoran tipis masih menempel, ulangi menyikat hingga noda benar-benar bersih. Pastikan jika kondisi jok sudah kering, karena sisa detergen yang menempel dapat memunculkan jamur. 

            3. Gunakan Sabun Bayi atau Shampoo