Berita

    Featured Image

    Ketahui Akibat Dari Minyak Rem Mobil Kurang

    Keselamatan dalam berkendara merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan. Salah satu hal yang wajib dipantau secara berkala adalah volume minyak rem mobil. Karena jika minyak rem mobil kurang, maka akan berakibat pada kinerja pengereman mobil.

    Minyak rem sendiri merupakan bagian dari sistem rem hidrolik atau juga rem cakram. Minyak rem dirancang untuk menunjang kerja mekanisme hidraulis pada sistem rem. Ketika minyak rem mobil kurang,  Anda tidak bisa mengerem dengan sempurna. Hal ini tentunya akan sangat membahayakan.

    Akibat dari Minyak Rem Mobil Kurang

    Sebaiknya minyak rem mobil diganti setelah mencapai 30-40 ribu km atau dalam dua tahun sekali. Mengganti minyak rem secara berkala akan menjaga sistem mekanisme pengereman pada mobil tetap terjaga. 

    Jika volume minyak rem mobil luput dari perhatian Anda, maka bisa mengakibatkan kondisi yang membahayakan. Di antaranya seperti beberapa hal di bawah ini:

    • Rem Blong

    Kondisi rem blong paling ditakuti oleh semua pengendara. Karena rem tidak bisa bekerja dengan baik, atau tidak dapat berfungsi sama sekali. Banyak kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh rem blong. Jadi bila Anda tidak rutin mengecek volume minyak rem, sewaktu-waktu mobil Anda bisa mengalami rem blong.

    • Tekanan Hidraulis Tidak Berfungsi Maksimal

    Seperti yang disebutkan di awal, fungsi minyak rem mobil adalah  menunjang kerja tekanan hidraulis agar tetap optimal. Ketika pedal rem diinjak, tuas rem akan mendorong piston ke master silinder. Mengubah yang awalnya gaya tekanan menjadi gaya hidraulis. Namun jika minyak rem mobil kurang, maka hidraulis tidak bisa bekerja maksimal.

    • Kampas Rem Menipis

    Minyak rem berkurang akan mengakibatkan kampas rem mobil menipis. Jika kampas rem habis maka brake shoe akan langsung bergesekan dengan rem tromol yang terbuat dari bahan besi. Kurangya minyak rem akan membuat gesekan tersebut menimbulkan bau sangit seperti terbakar akibat gesekan logam. 

    • Piston Kaliper Macet

    Selain membuat kampas rem menipis, minyak rem yang kurang juga membuat kinerja piston kaliper macet. Normalnya minyak rem akan mendorong piston kaliper yang kemudian meneka kampas rem untuk menghasilkan gaya gesekan yang memperlambat laju mobil. Jika minyak rem kurang maka proses pengeraman jadi terhambat.

    Tanda Rem Minyak Mobil Harus Diganti