Berita

    Featured Image

    Ketahui Begini Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil

    Cara membaca kode produksi ban mobil sebaiknya diketahui oleh tiap pengendara dan pemilik mobil. Untuk bisa mengetahui kelayakan ban mobil Anda, Anda perlu mengetahui arti kode ini. Sebab, kode produksi menunjukkan kapan pembuatan ban dan spesifikasinya. 

    Sehingga jika Anda harus mengganti ban di kemudian hari, Anda sudah mengetahui jenis ban seperti apa yang mobil Anda butuhkan. 

    Ban menjadi salah satu komponen vital pada mobil, komponen ini langsung bersentuhan dengan jalanan. Tak heran jika ban juga cepat aus dan turun kualitasnya karena banyak jenis medan yang dilaluinya. Saatnya simak bagaimana cara baca kode yang ada di ban!

    Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil

    Mengetahui kode produksi ban sama dengan mengetahui juga masa pakai ban. Sehingga jika memang saatnya ganti, Anda tidak terlambat melakukannya. Pada umumnya, terdapat kode alfanumerik unik yang menempel di dinding ban. 

    Kode ini berisi informasi tanggal produksi, jenis bahan bakunya, serta spesifikasi ban. Karena ban juga bisa kadaluarsa lho, agar keamanan dan kenyamanan berkendara terjamin maka begini cara membaca kode di ban!

    • Cari Kode Produksi Ban

    Biasanya, kode produksi ban terletak di bagian dalam ban mobil Anda. Kode ini dapat dengan mudah ditemukan oleh Anda dengan memerhatikan permukaan ban, kode alfanumerik dicetak dengan jelas dan kasat mata. 

    • Memahami Kode Produksi Ban

    Pada umumnya, kode produksi pada ban mobil Anda akan terdiri dari beberapa bagian angka dan abjad yang memuat informasi tertentu. Informasi yang diberikan berupa ukuran ban, bahan baku yang dipakai, tanggal pembuatan serta info tentang pabrik yang memproduksinya.

    • Baca Bagian Kode

    Huruf pertama biasanya akan memberikan informasi tentang kode produksi, sementara itu untuk angka-angka serta huruf selanjutnya punya informasi tertentu. Mulai dari ukuran ban, tanggal produksinya dan informasi tentang pabriknya.

    • Spesifikasi Ban

    Sangat penting untuk memahami cara membaca kode produksi ban mobil, karena bisa menjadi cara agar Anda memperoleh ban yang sesuai dengan mobil Anda. Jika memang tidak sesuai, maka sebaiknya mencari ban lain yang lebih menopang kebutuhan kendaraan Anda. Karena ban adalah komponen penting demi keselamatan Anda di perjalanan.

    • Tanggal Produksi Ban

    Untuk tanggal produksi pada umumnya diletakkan pada bagian akhir kode produksi. Terdiri dari dua digit angka yang menunjukkan tahun produksi. Misal diproduksi di tahun 2021 maka kodenya adalah angka 21. 

    Kapan Masa Kadaluarsa Ban Mobil?