Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Perawatan Pada Ban Serep Mobil!

    Sebagai pemilik mobil, Anda wajib mempunyai ban serep. Supaya ketika ada masalah dengan ban utama, bisa segera diganti. Namun jangan lupa untuk selalu merawat ban serep mobil agar bisa digunakan setiap saat.

    Biasanya yang terjadi, ban serep juga mengalami masalah saat akan digunakan. Jadi mau tidak mau, Anda tetap harus memanggil derek untuk membawa mobil ke bengkel. Untuk menghindari hal tersebut, ikuti beberapa tips dalam merawat ban cadangan mobil berikut ini. 

    5 Tips Merawat Ban Serep Mobil

    Ada beberapa cara untuk merawat ban cadangan pada mobil Anda. Antara lain:

            1. Lakukan Pemeriksaan pada Tekanan Ban secara Berkala

    Anda harus memeriksa secara rutin tekanan udara pada ban serep. Misalnya saja setiap satu minggu sekali, atau saat Anda memiliki jadwal untuk bepergian dengan lokasi cukup jauh.

    Sebab meski Anda tidak menggunakan ban serep, namun udara tetap bisa keluar dari celah pori-pori ban. Maka dari itu, penting melakukan pengecekan secara berkala terhadap ban serep.

            2. Ketahui Usia Ban Serep

    Ban memiliki masa usia pemakaian. Apalagi jika Anda sering menggunakannya saat sedang berpergian. Maka masa pemakaiannya juga bisa berkurang.

    Namun idealnya, Anda bisa menggunakan ban mobil itu 4 tahun sesuai dengan tanggal produksi ban. Ketika masa pemakaian sudah lewat, sebaiknya segera ganti ban untuk keselamatan Anda.

    Anda juga bisa segera melakukan penggantian ban, apabila keadaannya sudah rusak atau menipis. Tidak perlu menunggu hingga 4 tahun jika itu terjadi. Segera lakukan penggantian agar keselamatan Anda juga terjaga.

            3. Lakukan Pembersihan Ban Secara Berkala

    Cara merawat ban serep mobil selanjutnya adalah rutin melakukan pembersihan. Anda bisa membersihkannya hanya dengan lap yang kering. Tidak perlu lap basah atau cairan pembersih ban agar tidak mudah berkarat.

    Apabila Anda ingin membersihkan dengan produk berbahan kimia yang sering ada di televisi, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik. Sebab ada beberapa bahan kimia yang membahayakan ban.

    Sementara itu, jangka waktu untuk pembersihan ban serep, paling tidak 2 minggu sekali. Namun Anda harus memastikan tidak ada kotoran yang menempel ya. Apalagi jika kotoran tersebut tajam, dan bisa merusak permukaan ban.

            4. Lakukan Rotasi Ban

    Untuk mengantisipasi penurunan elastisitas, Anda bisa melakukan rotasi ban. Apa itu?