Berita

    Featured Image

    Memahami Coating dan Manfaatnya Bagi Mobil

    Agar tampilan mobil tetap terjaga, diperlukan perawatan yang baik dari berbagai aspek, termasuk perawatan cat di bagian eksteriornya. Salah satu opsi perawatan yang efektif untuk menjaga tampilan dan keawetan cat adalah melalui proses coating mobil.

    Jika diterapkan dengan cara yang benar dan dilakukan oleh pihak profesional di bengkel terpercaya, proses coating dapat memberikan banyak manfaat bagi mobil Anda. Karena itu, ketahui seperti apa definisi dan manfaatnya melalui artikel ini!

    Apa Itu Coating Mobil?

    Coating adalah suatu proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Tujuannya antara lain yaitu untuk meningkatkan daya tahan cat, melindungi dari faktor eksternal, serta memberikan tampilan yang lebih kinclong dan menarik.

    Contoh bahan yang sering digunakan dalam proses coating adalah Silika Dioksida (SiO2). Selain itu, contoh teknik coating lain yang populer digunakan adalah Nano Coating. Dengan berbagai bahan tersebut, cat mobil bisa lebih terlindungi.

    Manfaat Proses Coating pada Mobil

    Cara kerja coating meliputi proses pembersihan permukaan mobil, aplikasi bahan pelapis, polishing, hingga final touch atau sentuhan akhir. Dengan proses kerja yang tepat, coating dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut.

    • Menjaga Warna Cat Lebih Tahan Lama

    Proses coating mobil akan membentuk lapisan pelindung yang kuat di atas permukaan cat mobil. Lapisan ini mampu melindungi cat dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan warna cat memudar.

    Dengan adanya lapisan pelindung ini, warna cat mobil akan tetap cerah dan tajam dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga, ini bisa mempertahankan tampilan mobil seperti baru karena warnanya tidak mudah pudar.

    • Menjaga Mobil dari Goresan

    Permukaan mobil yang tidak dilindungi bisa lebih mudah terkena goresan dari benda-benda tajam atau bahan yang bersifat abrasif. Namun dengan proses coating, mobil akan mendapatkan perlindungan tambahan untuk menahan goresan ringan.

    Lapisan pelindung ini akan bertindak sebagai perisai bagi cat mobil, sehingga goresan yang terjadi hanya akan mengenai lapisan coating dan tidak sampai merusak lapisan cat mobil yang asli.

    • Membuat Mobil Tahan Jamur

    Kelembaban dan lingkungan yang basah dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau lumut pada permukaan mobil. Namun, dengan adanya lapisan pelindung dari proses coating mobil, permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap kelembaban.