Berita

    Featured Image

    Mengatasi Kaca Mobil Baret: Tips Perbaikan dengan Tepat

    Kaca mobil yang baret dapat menjadi masalah yang mengganggu tampilan kendaraan secara estetika maupun menghalangi visibilitas saat berkendara. Oleh karena itu, kaca mobil baret harus segera diatasi dengan segera sebelum kerusakannya semakin besar.

    Sebab kondisi baret yang parah dapat mengurangi kekuatan struktural kaca, sehingga membuatnya lebih rentan retak atau pecah saat terkena tekanan atau benturan. Jadi, ketahui apa penyebab serta cara mengatasi masalah ini.

    Penyebab Kaca Mobil Baret

    Berdasarkan tingkat keparahannya, baret pada kaca mobil dapat diklasifikasikan menjadi 3 kategori. Berikut ini rincian ciri-ciri beserta penyebab terjadinya baret tersebut:

    • Goresan Ringan

    Baret yang berupa goresan ringan umumnya terjadi akibat partikel kecil seperti debu, pasir, atau kerikil yang menggores kaca. Meskipun goresan ini umumnya sangat tipis, tetapi dapat mengurangi kejernihan kaca dan merusak penampilan mobil Anda.

    • Goresan Sedang

    Umumnya, baret dengan goresan sedang lebih dalam dibanding goresan ringan, sehingga baretnya bisa terlihat dengan jelas. Biasanya, ini terjadi ketika logam keras atau benda tumpul menggores kaca, misalnya akibat tergores wiper kaca mobil.

    • Goresan Dalam

    Karena goresannya lebih dalam dan parah, jenis baret ini membutuhkan perbaikan lebih intensif. Biasanya, ini terjadi akibat gesekan keras dengan benda tajam atau benda keras seperti pisau, kunci, batu, atau dengan sesama kendaraan lain.

    Cara Mengatasi Baret pada Kaca Mobil

    Istockphoto.com

    Cara mengatasi kaca mobil baret dapat dilakukan sendiri dengan mudah melalui beberapa metode. Berikut beberapa di antaranya:

    • Menggunakan Kompon (Compound)

    Compound adalah sejenis bahan pengkilap yang dapat digunakan untuk memperbaiki goresan pada kaca mobil. Kompon mengandung bahan abrasif, sehingga dapat mengikis permukaan kaca untuk menghilangkan goresan.

    Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikannya secara berhati-hati sesuai petunjuk penggunaan yang diberikan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kaca mobil Anda.

    • Cerium Oxide

    Cerium oxide adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam perbaikan kaca mobil yang tergores. Sama seperti compound, bahan ini memiliki sifat abrasif yang kuat sehingga mampu menghilangkan goresan yang lebih dalam pada kaca.