Berita

    Featured Image

    Tips Mengemudi di Lalu Lintas Padat! Sat-set dengan Aman

    Di jam-jam sibuk, truk, mobil, maupun sepeda motor memenuhi jalanan yang akhirnya membuat lalu lintas jadi padat merayap. Itu sungguh hal yang bisa membuat siapa saja frustasi, baik pengemudi yang sudah berpengalaman sekalipun. 

    Untuk itulah, Anda membutuhkan tips mengemudi agar bisa tetap tenang dan sampai di tempat tujuan dengan aman di tengah-tengah jalanan padat. 

    Tips Mengemudi Aman di Lalu Lintas yang Padat

    Lalu lintas yang super padat bisa menimbulkan stres dan membuat tekanan darah semakin tinggi. Bila tidak tenang, bisa-bisa risiko kecelakaan dapat terjadi lantaran terlalu terburu-buru dalam mengemudi dan tidak sabar ingin segera sampai di tempat tujuan. 

    Untuk itulah, sangat penting untuk Anda tetap fokus, tenang, serta sabar dalam menghadapi situasi jalan yang padat tersebut agar selamat sampai tujuan. Berikut ini tips berkendara yang dapat membantu Anda tetap bisa sat-set di jalan dengan aman:

    • Hilangkan Semua Distraksi Yang Mengganggu

    Ketika mengemudi, pastikan Anda untuk berkonsentrasi penuh dengan kondisi jalanan yang begitu padat. Hilangkan semua distraksi yang dapat mempengaruhi fokus dan membangkitkan emosi. 

    Caranya dengan: mematikan ponsel selama berkendara, menurunkan volume musik agar tidak mengganggu konsentrasi, serta memberitahu penumpang lainnya agar tetap tenang sampai keluar dari kemacetan. 

    • Berkendara Dalam Kecepatan Yang Aman, Sesuai Peraturan

    Pemerintah sudah mengatur batas maksimal kecepatan untuk berkendara di area perkotaan, yaitu maksimal 60 km/jam. Ikuti aturan tersebut saat Anda menemui kondisi lalu lintas yang dapat agar bisa selamat sampai tempat tujuan. 

    Berkendara dengan kecepatan aman dapat membantu Anda dalam menghemat bahan bakar. Anda pun lebih tenang dalam menghadapi kondisi jalan yang semakin semrawut dan banyaknya suara klakson yang memenuhi jalanan. 

    • Buat Jarak Aman Dengan Kendaraan Lain

    Saat berkendara di area dengan lalu lintas padat, pastikan untuk membuat jarak aman dengan kendaraan lain yang ada di depan. 

    Tujuannya, agar Anda mempunyai waktu respons yang cukup untuk memperlambat laju kendaraan ketika kendaraan di depan tiba-tiba berhenti atau melakukan manuver secara dadakan. 

    jaga jarakPexels.com

    Pastikan pula untuk Anda tidak melakukan pengereman secara mendadak. Sewaktu mobil harus mengerem depan, cukup lepaskan kaki dari pedal agar kecepatan menurun secara bertahap. 

    • Gunakan Gigi Rendah agar Dapat Menaikkan Efisiensi Mesin

    Tips mengemudi agar aman di jalanan yang dapat ialah menggunakan gigi rendah agar dapat mengerem lebih cepat saat tiba-tiba harus melakukan manuver karena kondisi jalan maupun kendaraan lain di depan. 

    Selain itu, gigi rendah dapat menaikkan efisiensi penggunaan mesin yang membuatnya lebih awet. 

    • Siapkan Diri untuk Melakukan Manuver Darurat

    Pengendara yang tidak tenang dan sabar selama menghadapi lalu lintas yang padat akan mudah dalam membuat keputusan buruk. Tentu itu akan memberikan dampak tidak baik untuk pengendara lainnya. 

    Contoh, Anda harus melakukan pengereman mendadak atau manuver keluar jalur agar terhindar dari kecelakaan. Agar tetap aman, Anda perlu menyiapkan diri jika sewaktu-waktu manuver darurat harus dilakukan. 

    Caranya, perhatikan lalu lintas, kondisi jalanan yang dilewati, selalu mengecek kendaraan di belakang melalui kaca spion, serta mencari tempat-tempat potensial yang memungkinkan untuk melakukan manuver darurat. 

    Itulah tips mengemudi yang dapat Anda terapkan selama berkendara di tengah kemacetan maupun jalanan yang padat. Pastikan untuk berdoa sebelum berkendara agar selama perjalanan bisa tenang, sabar, serta fokus. Sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.