Berita

    Featured Image

    Bisa Terjadi! Penyebab Speedometer Tidak Akurat

    Kondisi speedometer tidak akurat tentunya akan mengganggu kenyamanan dan konsentrasi Anda saat mengemudi. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa mengontrol laju kendaraan dan kemungkinan mengebut tanpa disadari. 

    Ada beberapa faktor yang bisa membuat speedometer di mobil Anda tidak berfungsi dengan baik dan tidak menunjukkan hasil akurat. Mari cari tahu apa saja penyebabnya dan apa solusi untuk mengatasi hal tersebut. 

    Penyebab Speedometer Tidak Akurat

    Speedometer yang tidak menunjukkan angka akurat biasanya ditandai dengan gerakan jarum penunjuk yang kurang stabil. Jarum penunjuk bergerak dengan sangat cepat atau bahkan sangat lambat. 

    Bahkan pada beberapa kondisi penunjuk speedometer benar-benar tidak bergerak. Hal seperti ini tentu akan mempersulit Anda untuk mengendalikan kecepatan saat berkendara di jalan. 

    Anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini jika tahu apa sebenarnya faktor penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab speedometer tidak akurat. 

    • Kerusakan Sensor Speedometer

    Penyebab pertama adalah adanya kerusakan pada sensor speedometer. Jika sensor tidak berfungsi dengan baik maka speedometer juga tidak akan bisa menunjukkan informasi yang akurat. 

    Komponen sensor ini berada di bagian transmisi dan fungsinya adalah untuk mendeteksi kecepatan mobil. Saat terjadi kerusakan pada bagian sensor, laju mobil Anda jadi tidak bisa diprediksi. 

    Pada tipe mobil yang memiliki sistem rem ABS, sensor speedometer berada di bagian roda. Apabila sistem rem ABS mengalami kerusakan maka sensor speedometer juga bisa saja bermasalah. 

    Ada juga tipe mobil yang masih memakai tali speedo. Jika mobil Anda masih menggunakan tali speedo maka bisa saja komponen tali tersebut putus. Hal ini kemudian membuat jarum speedometer jadi tidak bergerak. 

    • Gangguan pada Sistem Kelistrikan

    Penyebab lain speedometer tidak akurat adalah adanya gangguan pada sistem kelistrikan. Misalnya saja ketika ada kabel penghubung yang rusak bahkan putus. Bisa juga terjadi saat sistem kelistrikan mobil mengalami korsleting. 

    Jika terjadi gangguan pada sistem kelistrikan, maka aliran listrik pada mobil akan terhenti. Hal ini jelas akan merusak kerja speedometer apalagi jika masalahnya langsung terjadi pada jalur kabel yang menuju ke komponen tersebut. 

    Tentunya kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Penting sekali bagi Anda untuk segera membawa mobil ke bengkel agar bisa diperiksa dan ditelusuri bagian mana yang rusak dari sistem kelistrikan. 

    Jika ada kabel atau soket yang rusak bahkan putus maka harus segera diganti. Hal ini perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi speedometer sekaligus mencegah kerusakan lebih lanjut yang bisa memicu korsleting parah. 

    • Gangguan pada Panel

    Speedometer yang tidak menunjukkan informasi akurat juga bisa dipicu oleh adanya gangguan pada panel. Bisa saja panel mengalami error yang membuat jarum speedometer secara otomatis tidak berfungsi secara optimal. 

    Saat ada gangguan pada panel, biasanya jarum penunjuk maupun angka jadi terlihat kurang jelas atau samar-samar. Selain itu gangguan panel juga bisa menyebabkan speedometer benar-benar mati total. 

    Tentunya dibutuhkan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui bagian panel mana yang bermasalah. Selanjutnya baru bisa diambil solusi untuk memperbaiki bagian panel tersebut agar bisa berfungsi optimal kembali.