Berita

    Featured Image

    Cek! Tanda-Tanda Aki Mobil Anda Drop

    Aki mobil atau accu (accumulator) adalah komponen kunci dalam kendaraan yang berfungsi sebagai sumber penyimpanan energi listrik. Jika aki drop, maka fungsinya untuk menghidupkan mesin mobil dan memberikan daya listrik tidak bisa berjalan.

    Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kondisi aki mobil secara rutin, minimal setiap kali jadwal servis berkala. Pasalnya, aki yang mengalami penurunan performa dapat berdampak serius bagi kendaraan Anda.

    Tanda-Tanda Aki Drop

    Penyebab dropnya kondisi aki dalam menyimpan daya listrik bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya akibat mesin jarang dihidupkan, modifikasi mobil secara berlebihan yang dapat menguras aki dengan cepat, atau masalah teknis seperti kerusakan alternator.

    Apapun penyebabnya, Anda bisa mengidentifikasi penurunan performa aki melalui berbagai tanda, di antaranya sebagai berikut:

    • Kesulitan Menyalakan Mesin

    Ini terjadi karena aki tidak dapat memberikan tegangan listrik yang cukup untuk memicu mesin menyala. Biasanya, Anda harus memutar kunci kontak lebih lama daripada biasanya atau mesin harus distarter beberapa kali sebelum akhirnya hidup. 

    • Suara Starter Melemah

    Ketika mencoba menyalakan mesin, Anda juga akan mendengar suara starter yang terdengar lemah atau kurang kuat daripada biasanya. Pasalnya, starter memerlukan daya yang cukup untuk memutar mesin hingga berhasil hidup.

    • Suara Klakson Melemah

    Selain suara starter, Anda juga perlu memperhatikan suara klakson. Klakson yang lemah dapat menjadi indikasi bahwa aki drop atau tidak dapat memberikan daya listrik yang cukup untuk mendukung komponen ini.

    • Cahaya Lampu Meredup

    Jika Anda melihat bahwa cahaya lampu kendaraan menjadi lebih redup saat dinyalakan, terutama komponen lampu utama atau lampu sorot, ini bisa menjadi tanda bahwa aki tidak lagi mampu memberikan tegangan listrik yang mencukupi.

    • Tegangan Listrik Tidak Stabil

    Masalah aki drop atau melemah dapat menyebabkan fluktuasi tegangan listrik yang tidak stabil dalam kendaraan. Ini bisa terasa dalam bentuk cahaya lampu yang berkedip atau perangkat elektronik yang tidak berfungsi dengan baik.

    • Komponen Kelistrikan Tidak Berfungsi dengan Baik

    Akibat tegangan yang tidak stabil, semua komponen elektronik dalam kendaraan termasuk radio, sistem audio, sistem navigasi, dan lain-lain dapat mengalami gangguan atau berhenti berfungsi dengan baik ketika aki mobil mulai melemah. 

    • Mobil Mati Total

    Tanda terakhir yang paling jelas namun harus dihindari adalah kondisi kendaraan yang mati total. Ini terjadi ketika aki sudah tidak mampu lagi untuk menyediakan tenaga listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan komponen lainnya.