Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Lampu Kepala Mobil, Rangkaian dan Komponennya

    Anda mungkin tidak asing lagi dengan istilah headlamp atau lampu kepala mobil. Headlamp merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil karena dibutuhkan pada saat berkendara terutama pada saat malam hari. 

    Lampu kepala sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu lampu untuk jarak jauh (High Beam) dan jarak dekat (Low Beam). Lampu ini dikontrol oleh dimmer switch yang umumnya berada pada saklar kombinasi yang berbentuk tuas dan posisinya tepat pada bagian belakang setir. 

    Umumnya, terdapat dua tipe lampu kepala yang dipakai yaitu sealed beam dan semi sealed beam. Sealed beam merupakan lampu kepala yang komponen bohlam dan ruangnya menjadi satu, sementara semi sealed beam merupakan headlamp yang komponen bohlamnya dapat dilepas dari ruangnya. 

    Fungsi Lampu Kepala Mobil

    Berikut ini beberapa fungsi utama lampu kepala pada mobil:

            1. Sebagai Sumber Penerangan Mobil Bagian Depan

    Lampu tersebut akan menjadi sumber penerangan utama pada sebuah mobil terutama  di bagian depan. 

            2. Untuk Lampu Jarak Jauh

    Untuk memudahkan pengemudi berkendara dalam keadaan gelap atau hujan lebat, lampu jarak jauh pada mobil sangat diperlukan. 

            3. Untuk Lampu Jarak Dekat

    Rangkaian Lampu Kepala Pada Mobil

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa rangkaian kelistrikan yang terdapat pada lampu kepala pada mobil:

    • Manual Headlight atau Standar

    Pada rangkaian yang satu ini, lampu kepala mobil akan aktif menyala ketika bagian saklar lampu ditekan. Alurnya adalah sebagai berikut: 

    • Pada saat saklar low beam atau lampu jarak dekat Anda tekan, maka baterai akan mengalirkan arus listrik ke bagian relay.
    • Kemudian arus listrik pada relay akan terpecah menjadi dua. Yang pertama listrik akan melewati fuse menuju terminal 30 pada relay dan arus yang kedua berfungsi untuk arus kontrol terminal 85 pada relay.
    • Adanya saklar lampu jarak dekat pada tengah terminal 86 menghubungkan terminal 30 dan 87 sehingga lampu akan otomatis menyala.
    • Saat Anda menghidupkan saklar lampu jarak jauh, maka akan terjadi perubahan pada aliran listrik dari lampu jarak dekat menjadi lampu jarak jauh.
    • Pada saat yang bersamaan, aliran listrik yang dihasilkan dari baterai akan masuk ke relay 87 dan 30 high beam. Dengan begitu lampu jarak jauh akan menyala dengan cepat karena lampu dialiri arus listrik dari terminal 87.
    • Semi Auto Headlight