Berita

    Featured Image

    Tips Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam Kembali Seperti Baru

    Merawat dashboard mobil menjadi salah satu hal yang harus dilakukan bagi para pemilik kendaraan. Dashboard mobil yang kotor dapat mengganggu pandangan selama di perjalanan. Sehingga, kemungkinan perasaan kesal atau tidak fokus dapat muncul.

    Interior mobil satu ini menjadi bagian yang selalu dipandang oleh pengemudi maupun penumpang. Maka dari itu, pastikan dashboard mobil dalam keadaan bersih dan tidak kusam. Terlebih jika Anda memiliki bayi yang seringkali mengelap tangannya ke bagian dashboard.

    Lantas, bagaimana cara merawat dashboard mobil? Apakah sulit? Alat apa saja yang dibutuhkan? Simak penjelasan berikut ini.

    Cara Merawat Dashboard Mobil Yang Kusam

    Berikut terdata 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan dashboard mobil:

            1. Gunakan Kemoceng Bulu

    Kemoceng tidak hanya dipergunakan untuk keperluan rumah tangga saja. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan debu dan kotoran kering yang menempel pada dashboard mobil.

    Pastikan Anda menggunakan kemoceng yang bulunya halus, bukan kasar. Penggunaan kemoceng dengan bulu halus dapat meminimalisir timbulnya gores atau baret akibat gesekan saat proses pembersihan. 

            2. Gunakan Kanebo Basah

    Kanebo memang sudah akrab penggunaannya dengan kendaraan. Alat satu ini dinilai sangat efektif untuk mengangkat debu dan kotoran lainnya dari permukaan dashboard. Caranya adalah cukup basahi kanebo kemudian peras sampai kain kanebo setengah basah. 

    Selanjutnya, Anda dapat mengelap bagian dashboard mobil secara keseluruhan. Kanebo basah mampu mengangkat debu secara maksimal. Lap dashboard secara berulang kali dengan cuci bilas kanebo tersebut.

            3. Gunakan Vacuum Cleaner

    Vacuum cleaner merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk membersihkan beberapa tempat yang kotor. Alat ini juga dapat digunakan untuk merawat dashboard mobil dengan cara dibersihkan.

    Terdapat sudut-sudut sempit pada dashboard mobil yang sulit dijangkau. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menjangkaunya. Namun perlu diingat bahwa vacuum cleaner hanya dapat digunakan untuk membersihkan dashboard yang tidak terlalu kotor. Sama halnya dengan kemoceng bulu, vacuum cleaner kurang efektif untuk membersihkan noda yang sudah menempel lama di dashboard mobil.