Berita

    Featured Image

    Fungsi Brake Cleaner & Cara Menggunakannya

    Brake cleaner menjadi salah satu bagian penting dari mobil yang Anda gunakan sehari-hari. Ini merupakan pembersih sistem rem yang ikut memelihara performa mobil Anda. Mari cari tahu lebih lengkap mengenai fungsi cairan yang satu ini!

    Pengertian Brake Cleaner

    Anda tentu tahu bahwa sebuah mobil memiliki sistem rem. Rem ini ternyata harus dibersihkan secara rutin untuk membantunya bisa bekerja secara optimal. Bahan yang digunakan untuk membersihkan sistem rem ini berupa cairan. 

    Sesuai dengan namanya, komponen ini merupakan pembersih sistem brake atau pengereman. Cairan tersebut akan membersihkan sistem rem dari berbagai jenis kotoran dan menjaganya tetap bisa bekerja secara optimal. 

    Seperti diketahui bahwa sistem rem yang baik sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Jika sistem pengeremannya bersih, maka pengurangan laju mobil saat berkendara bisa jauh lebih efektif. 

    Itulah mengapa cairan pembersih sistem brake ini sangat dibutuhkan oleh para pengendara. Produk cairan ini sangat mudah untuk dijumpai karena banyak dijual di pasaran. Tipe produknya juga beragam dengan kualitas yang berbeda-beda. 

    Cara Pemakaian

    Bagaimana cairan pembersih ini digunakan? Sebenarnya pemakaian cairan ini lebih baik diserahkan langsung kepada teknisi. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenali beberapa tahap pemakaian brake cleaner berikut ini. 

    • Pembukaan Bagian Roda

    Langkah pertama adalah pembukaan bagian roda. Sistem pengereman mobil ada di bagian dalam roda jadi harus dibuka terlebih dahulu. Teknisi umumnya akan melakukan pembukaan bagian roda ini dengan hati-hati. 

    Perlu diketahui bahwa pembukaan roda ini cukup penting. Jika tidak berhati-hati maka bisa saja terjadi kerusakan pada komponen lain di dalam roda. Namun para teknisi sudah paham betul tentang hal ini sehingga mereka tahu teknik yang tepat.  

    • Penyemprotan Cairan

    Selanjutnya masuk ke bagian penyemprotan cairan pembersih. Jika roda sudah terbuka maka cairan pembersih rem ini bisa langsung disemprotkan. Penyemprotan juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tepat sasaran. 

    Penyemprotan dilakukan ke bagian disc brake dan kaliper. Teknisi biasanya akan menyemprotkan cairan ini secara perlahan agar tidak mengenai bagian lain dan menimbulkan kerusakan. 

    • Perataan Cairan Pembersih