Berita

    Featured Image

    5 Kesalahan Saat Membeli Spare Part

    Ketika membeli sparepart, Anda tidak boleh sembarangan. Namun, pada kenyataannya masyarakat umumnya masih sering melakukan kesalahan saat membeli komponen bagian mobil tersebut. Inilah fungsi penting mengetahui dan memahami tips membeli sparepart.

    Ikuti pembahasan artikel ini sampai akhir! Tujuannya agar Anda tidak lagi melakukan kesalahan ketika membeli sparepart kendaraan.

    5 Tips Membeli Sparepart agar Tidak Melakukan Kesalahan!

    Bagi Anda seorang pemilik kendaraan pemula, kesalahan membeli sparepart kendaraan pasti pernah mengalaminya. Berikut ini ulasan detail tentang tips membeli komponen sparepart kendaraan yang benar:

    • Tidak Melakukan Riset Terlebih Dahulu

    Membeli sparepart kendaraan wajib melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini penting, melihat Anda wajib memiliki bekal pengetahuan tentang komponen kendaraan Anda yang membutuhkan penggantian.

    Tujuan Anda untuk melakukan riset sebelum membeli sparepart adalah untuk membandingkan harga, mengetahui nomor seri dan sebagainya.

    Selain itu, melakukan riset juga bermanfaat agar Anda tidak tertipu ketika membeli sparepart kendaraan. Karena banyak oknum penjual sparepart palsu yang justru akan membuat salah satu komponen kendaraan Anda tidak bekerja dengan optimal.

    • Mengganti Sparepart dengan Merk Lain

    Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah membeli sparepart tidak sesuai dengan merk produsen awal kendaraan. Misal, kendaraan Anda bermerk Suzuki, tetapi Anda membeli sparepart merk lain.

    Hal ini dapat berakibat ketidakcocokkan komponen sparepart atau tidak compatible. Jika Anda melakukan ini, tentu sparepart yang Anda beli akan sia-sia.

    Maka dari itu, tips membeli sparepart agar lebih aman, sebaiknya Anda memilih untuk mengganti sparepart dengan merk yang sama dengan kendaraan. Jangan coba-coba jika Anda tidak ingin mengalami kerugian.

    • Tidak Memeriksa Nomor Seri Sparepart

    Enggan dan tidak memeriksa nomor seri sparepart ketika akan mengganti salah satu komponen kendaraan menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan. Padahal, hal ini sangat penting mengingat beberapa sparepart memiliki nomor seri yang berbeda.

    Jika Anda membeli sparepart dengan nomor seri berbeda, tentu akibatnya adalah tidak kompatibel dengan sparepart yang seharusnya dipasang.

    Anda dapat lebih memperhatikan ciri-ciri fisik sparepart seperti adanya barcode, stiker hologram dan perbedaan tekstur dan juga pengemasan. Karena seluruh sparepart yang asli dan bergaransi sudah dilengkapi nomor ID khusus.

    • Memilih Sparepart Tidak Bergaransi

    Tips membeli sparepart agar Anda tidak melakukan kesalahan adalah memilih sparepart yang bergaransi dan resmi. Biasanya, kesalahan yang banyak dilakukan adalah masyarakat memilih untuk membeli sparepart murah dan tidak bergaransi.

    Padahal, membeli sparepart tidak bergaransi memungkinkan Anda mendapatkan sparepart bekas atau palsu. Dampaknya nanti akan memengaruhi mesin kendaraan dan bahkan menuju pada kerusakan yang meluas.

    Cara untuk mengatasi kesalahan ini adalah Anda sebaiknya membeli sparepart bergaransi di toko resmi dan sudah terjamin. Untuk harga harusnya Anda jangan pesimis terlebih dahulu, karena banyak sparepart bergaransi namun harganya tetap kompetitif.

    • Enggan Membandingkan Harga

    Kesalahan terakhir yang cukup banyak dilakukan orang ketika membeli sparepart adalah enggan membandingkan harga. Biasanya, orang akan langsung mencari sparepart dengan harga termurah. Padahal belum memeriksa keaslian dan kecocokkan sparepart tersebut.

    Tidak ada salahnya Anda membandingkan harga dari toko satu ke toko lain sebelum membeli sparepart. Tujuannya agar Anda mendapatkan sparepart dengan kualitas dan harga paling baik.

    Saat ini sudah banyak marketplace online yang menjual sparepart original dengan harga bervariasi. Anda cukup scrolling dan membandingkan harga tanpa harus pergi ke toko offline.

    Itulah berbagai kesalahan yang sering dilakukan orang ketika membeli sparepart dan tips membeli sparepart dengan benar. Anda dapat langsung membeli sparepart resmi di aplikasi MySuzuki dan toko resminya langsung untuk mendapat sparepart berkualitas dan asli.