Berita

    Featured Image

    Fungsi Receiver Dryer Pada Sistem AC Mobil dan Cara Kerjanya.

    Fungsi receiver dryer cukup penting dalam sistem AC (Air Conditioner) mobil. Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyaring kotoran dari refrigerant

    Semua jenis mobil keluaran terbaru pasti dilengkapi AC untuk kenyamanan pengendara. Dengan adanya AC berkendara akan jauh lebih nyaman terutama saat cuaca panas. 

    Fungsi Receiver Dryer Pada Mobil

    Setelah tahu cara kerjanya, selanjutnya Anda perlu memahami beberapa fungsinya. Berikut beberapa fungsinya yang penting Anda ketahui. 

            1. Tempat Sementara untuk Menyimpan Freon

    Fungsi receiver dryer AC mobil yang pertama adalah sebagai tempat untuk penyimpanan sementara freon atau atau refrigerant sebelum disalurkan ke bagian katup ekspansi. 

    Setelah itu, katup ekspansi akan menyemprotkan freon sesuai kebutuhan pengendara berdasarkan pada heat sensitiving tube

    Jika, heat sensitiving tube membutuhkan freon, maka bagian katup ekspansi akan menyalurkan freon ke bagian evaporator. Namun, apabila katup ekspansi belum membutuhkannya, maka freon akan disimpan di dalam komponen ini selama beberapa waktu. 

            2. Menyerap Uap Air yang Terkandung di Dalam Freon

    Fungsi receiver dryer berikutnya, yaitu sebagai tempat penyerap air atau uap air yang terkandung di dalam freon.

    Jika, uap air tersebut ikut bersirkulasi di dalam sistem AC, maka akan mempengaruhi kinerja sistem pendingin mobil bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen AC. 

    Uap air yang masuk ke dalam saluran katup ekspansi akan menjadi butiran es karena suhu dingin yang ada pada saluran tersebut. Butiran es tersebut dapat menyumbat saluran di bagian katup ekspansi dan saluran di bagian dalam evaporator. 

    Masalah tersebut dapat dicegah karena komponen ini dapat menghilangkan kandungan air dan uap air yang masuk bersama freon. Fungsi ini dapat bekerja jika Anda melengkapinya dengan silica gel atau dessicant.

            3. Menyaring Kotoran yang Terbawa Freon

    Selain menyerap kandungan air, komponen ini juga berfungsi sebagai alat menyaring kotoran yang ada di dalam freon. Jika, kotoran tersebut tidak disaring dan ikut bersirkulasi di dalam udara mobil. 

    Maka besar kemungkinannya akan menyumbat berbagai saluran yang terdapat pada sistem AC mobil Anda.

    Bagaimana Cara Kerja Receiver Dryer?

    Komponen AC mobil ini biasanya diletakkan di antara bagian kondensor dan katup ekspansi. Itu sebabnya, sebelum freon masuk ke dalam katup ekspansi akan disaring lebih dulu oleh komponen ini.