Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Central Lock pada Mobil

    Produsen mobil terus melakukan pengembangan terhadap kendaraannya. Sistem central lock mobil jadi salah satu bentuk teknologi yang membuat pengemudi lebih nyaman berkendara.

    Sebelumnya fitur ini hanya ditemukan pada mobil mewah saja. Namun saat ini, fitur tersebut telah ada pada mobil dengan harga standar sekalipun.

    Fungsi Central Lock Mobil

    Saat ini mobil memiliki dua sistem pengamanan. Antara lain sistem penguncian manual dan otomatis. Pada sistem manual, pengendara harus menekan fitur lock untuk mengunci pintu. Sementara untuk sistem otomatis, dalam sekali tekan maka seluruh pintu akan terkunci.

    Seperti nama sebutannya, fitur ini merupakan salah satu sistem pengamanan pada mobil. Fungsinya yaitu untuk mengunci dan membuka kunci pintu mobil dalam satu tombol (central). Jadi, saat sedang berkendara, pengemudi memiliki fitur untuk mengunci seluruh pintu sekaligus.

    Tujuan dari adanya central lock ini untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Sebab tak jarang penumpang mobil lupa untuk mengunci kendaraannya. Padahal di beberapa situasi, Anda harus mengunci mobil untuk alasan keamanan.

    Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu melakukan pengecekan satu persatu terhadap pintu mobil penumpang. Sebab secara otomatis semua pintu akan terkunci.

    Cara Kerja Central Lock Mobil

    Pengunci sentral memiliki cara kerja yang sederhana. Namun menggunakan teknologi yang canggih pada sistem sensor dan rangkaian mesinnya.

    Saat Anda menekan tombol lock pada pintu, maka sensor mobil akan mengirimkan sinyal ke mainboard. Kemudian mainboard inilah yang meneruskan sensor tersebut pada rangkaian mesin, termasuk motor utama.

    Baru kemudian, sensor akan menjalankan perintah ini. Baik perintah mengunci mobil, maupun membuka kuncian. 

    Penyebab Central Lock Mobil Tidak Berfungsi

    Meskipun kelihatannya sederhana, namun sistem pengunci sentral ini juga bisa terkendala dan menyebabkan tidak bisa menjalankan fungsi dengan baik. Ada beberapa hal yang menyebabkan pengunci sentral tidak berfungsi. Antara lain:

    • Motor Penggerak Aus

    Penyebab pertama adalah motor penggerak yang sedianya menerima sensor dan melanjutkannya telah aus. Apalagi jika Anda tidak bisa merawatnya dengan baik, maka motor penggerak akan mudah aus.