Berita

    Featured Image

    Kopling Nyangkut? Ini Cara Mengatasinya

    Kopling adalah salah satu komponen vital dalam sistem transmisi kendaraan bermotor, khususnya untuk kendaraan dengan transmisi manual. Namun, terkadang pengemudi mengalami masalah di mana kopling nyangkut atau sulit untuk dioperasikan. 

    Hal ini bisa menjadi masalah yang mengganggu pengalaman mengemudi. Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara mengatasi kopling yang nyangkut agar Anda dapat kembali melaju dengan lancar.

    Cara Mengatasi Kopling Nyangkut

    Ada beberapa penyebab kopling pada mobil tiba-tiba nyangkut. Seperti kurangnya cairan hidrolik pada kopling, hingga karena plat kopling yang sudah aus.

    Apabila menghadapi persoalan tersebut, ada beberapa solusi darurat yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa langkahnya:

    • Parkirkan Mobil di Area yang Aman

    Apabila memungkinkan, sebaiknya parkirkan dulu mobil di area yang aman. Misalnya saja dengan mendorongnya atau mengupayakan hal lain. Supaya pengguna jalan tahu jika mobil Anda bermasalah.

    Jika tidak bisa, Anda bisa menghidupkan tanda darurat pada mobil. Supaya tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

    • Nyalakan Mesin dan Injak Pedal

    Langkah berikutnya adalah dengan menghidupkan mesin sembari menginjak pedal kopling. Anda bisa menghidupkan mesin, lalu tekan pedal dengan kuat. Tahan posisi ini selama beberapa detik.

    Kemudian lepaskanlah pedal secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa Pastikan jika pedal kopling tersebut telah kembali seperti semula.

    Apabila hal ini tidak bisa mengembalikan pedal, maka coba masukkan gigi 1 sebelum mesin hidup. Kemudian Anda coba injak pedal kopling. 

    Setelahnya, Anda lepaskan rem tangan, sementara kaki siap untuk menekan pedal rem. Anda harus memastikan jika tidak ada apapun di depan Anda. Baru kemudian Anda bisa menghidupkan mesin.

    Saat mobil terasa seperti akan lompat, injak rem sekali lagi dam matikan mesin mobil. Baru setelahnya Anda bisa menetralkan kembali gigi transmisi, dan coba koplingnya.

    • Periksa Minyak Kopling

    Selain melakukan hal tersebut, Anda harus memeriksa level minyak kopling. Apakah minyak masih mencukupi atau tidak.

    Sebab, minyak kopling yang terlalu sedikit atau rendah, dapat membuat kopling nyangkut atau tidak kembali ke posisi awal. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengisian rutin untuk minyak ini.

    • Atur Kabel Kopling

    Kabel kopling yang terlalu kencang atau terlalu longgar juga dapat menyebabkan kopling tersangkut. Periksa kabel kopling untuk memastikan tidak ada kekencangan yang berlebihan atau kekendoran yang signifikan. 

    Jika perlu, atur kembali kabel kopling sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pabrikan kendaraan. Namun apabila Anda tidak bisa melakukannya, sebaiknya serahkan hal ini pada mekanik profesional.

    • Lakukan Bleeding Kopling

    Bleeding kopling adalah proses untuk mengeluarkan udara dari sistem hidrolik kopling. Udara yang terjebak dalam sistem bisa menyebabkan kopling tersangkut atau sulit untuk dioperasikan. 

    Lakukan proses bleeding kopling secara berkala untuk memastikan sistem bebas dari udara dan kembali berfungsi dengan baik. Hal ini bisa Anda pelajari sendiri atau meminta bantuan mekanik ketika servis rutin berlangsung.

    • Kurangi Penggunaan Setengah Kopling

    Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mengurangi penggunaan setengah kopling. Khususnya saat melalui jalan yang menanjak.

    menggunakan stengah koplingFreepik.com

    Hal ini dikarenakan bahwa penggunaan setengah kopling yang sembarangan khususnya berlebihan, dapat membuat kampas kopling mudah aus. Pedal kopling pun rawan untuk tersangkut.

    Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengatasi masalah kopling yang nyangkut dan kembali mengemudi dengan lancar. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada sistem kopling untuk mencegah masalah yang serupa di masa depan!