Berita

    Featured Image

    Ini Dia Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak yang Harus Diketahui

    Kaki-kaki mobil merupakan bagian rentan yang perlu diperhatikan kondisinya. Komponen ini merupakan penjaga kestabilan mobil agar kendaraan tersebut melaju dengan baik. Sebagai pemilik mobil, dapatkan Anda mengetahui apakah kaki mobil rusak atau masih baik kondisinya?

    Keawetan komponen ini bergantung pada gaya si pengendara. Jika serampangan dan tidak hati-hati, kaki mobil bisa mudah rusak dan malah membahayakan jika dibiarkan saja. Kami akan memaparkan ciri-cirinya di bawah ini.

    Ciri Kaki Mobil Rusak

    Kerusakan pada kaki mobil sering kali jarang diperhatikan, tapi dapat dirasakan saat kita mengemudi. Itulah sebabnya, mengidentifikasi ciri-ciri kerusakan pada kaki mobil dengan tepat sangatlah penting untuk mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan secara tepat waktu. Berikut ini ciri-cirinya.

    • Tapak Ban Terkikis Sebelah

    Tapak ban adalah kontur di permukaan ban. Apabila Anda menemukan tapak ban terkikis sebelah, itu berarti ada yang tidak beres di bagian kaki mobil. hal ini tidak bisa dibiarkan sebab akan tapak ban yang habis mendatangkan bahaya di perjalanan, terutama saat menerjang medan yang licin, dan kontur yang bergelombang atau turunan tajam.

    • Roda Bergoyang

    Ketika Anda mengemudi, Anda merasa mobil tidak stabil atau bergoyang saat menerjang jalanan berlubang? Ini bisa jadi ciri bahwa kaki mobil Anda mengalami kerusakan, tepatnya pada bagian ball joint. Ketidakstabilan ini dapat terasa sampai ke bagian setir mobil.

    • Muncul Bunyi-Bunyian 

    Kaki mobil rusak bisa dilihat dari adanya bunyi-bunyian tak lazim atau dengungan yang tiba-tiba muncul. Bunyi-bunyian tersebut biasanya berupa kletek-kletek atau jedag-jedug. Jika muncul bunyi aneh, baiknya segera lakukan pengecekan pada kaki mobil.

    Bunyi-bunyian tersebut bisa jadi karena shockbreaker yang melemah sehingga efek guncangannya lebih keras dibandingkan saat shockbreaker dalam kondisi baik.

    • Setir Terasa Bergetar

    Saat setir terasa bergetar tidak seperti biasanya, ini berarti ada masalah pada kaki mobil. untuk memastikannya, kemudikan mobil di jalan yang lurus dan mulus agar getaran mobil dapat dirasakan pada setir.

    Pasalnya mengemudi mobil di jalan bergelombang atau berlubang akan sulit merasakan getaran di setir lantaran guncangan yang hebat. Lakukan segera pengecekan tersebut agar kerusakan dapat segera ditangani.

    • Setir Tidak Lurus