Berita

    Featured Image

    Ketahui Tips Menerjang Banjir dengan Mobil Matic

    Di musim hujan, banjir akan sering menerjang di beberapa titik. Lalu, mau tidak mau, Anda harus menerjang banjir dengan mobil matic

    Hal ini tentu merugikan masyarakat, termasuk para pengendara mobil matic karena akan membuat mobil kesulitan dalam melewati banjir. Sekalipun dapat terlewati, mobil pun beresiko untuk rusak karena masuknya air ke dalam mesin.

    Oleh sebab itu, diperlukan cara-cara ampuh agar mobil matic masih bisa melewati banjir tanpa merusaknya. Simak cara terjang banjir dengan mobil matic dalam artikel ini!

    Cara Menerjang Banjir dengan Mobil Matic

    Menerjang banjir menggunakan mobil matic memang perlu kewaspadaan dan trik khusus. Hal ini disebabkan banjir tidak hanya merusak mobil, namun juga dapat membuat mobil hanyut beserta orang di dalamnya. 

    Jika Anda belum mengetahui trik khusus tersebut, maka sebaiknya ikuti berikut tips untuk menerjang banjir menggunakan mobil matic!

    • Perhatikan Tinggi Air

    Sebelum menerjang banjir, perhatikan tinggi air dan pastikan bahwa tidak melebihi setengah roda. Anda bisa melihat dulu kendaraan yang lewat untuk memastikannya. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke mesin. 

    Tidak cuma itu, pastikan genangan air tidak membuat filter udara terendam. Bila sampai terendam, alhasil mobil Anda bisa mengalami water hammer atau masuknya air ke ruang pembakaran sehingga mesin pun bisa rusak.

    • Pakai Gir Satu atau L

    Bila Anda sudah yakin bahwa tinggi air cukup aman dilalui, maka Anda perlu mengganti gir ke gigi satu atau posisi L sebelum melewatinya. Hal ini membuat mobil dapat melaju dengan kecepatan yang stabil.

    Jika kecepatan mobil stabil, maka air pun tidak sampai masuk melalui knalpot dan bagian dalam mesin. Selain itu, kecepatan yang stabil juga bisa membuat putaran mesin dapat lebih bertahan.

    • Maju Pelan-Pelan

    Anda tidak perlu menerjang banjir dengan mobil matic secara terburu-buru. Namun berhati-hatilah dan maju perlahan dengan kecepatan yang rendah namun stabil.

    Dengan berhati-hati, maju perlahan dan stabil, maka Anda dapat lebih aman karena bisa mengantisipasi lubang jalan atau parit. Selain itu, Anda juga tidak menimbulkan gelombang air yang dapat mengenai pengendara lainnya.

    • Matikan Mesin

    Bila ternyata banjir yang Anda lewati cukup tinggi sehingga membuat mobil Anda mogok, segeralah matikan mesin! Mintalah bantuan orang sekitar untuk mendorong mobil Anda hingga ke tempat yang aman.