Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Setir Mobil Keras dan Sulit Digerakkan

    Kondisi setir mobil keras terkadang menjadi masalah umum yang sering dialami oleh pengemudi. Sensasi berat yang dirasakan oleh pengemudi ketika menggerakan setir mobil dapat berdampak berbahaya dan mengganggu kenyamanan berkendara.

    Maka dari itu, Anda dapat menyimak penyebab kondisi tersebut terjadi, cara pencegahan, serta mengatasinya. Simak ulasan lengkapnya sampai akhir, ya!

    Simak! 5 Penyebab Setir Mobil Keras

    Biasanya, masalah setir mobil yang keras dan tidak dapat dikendalikan penyebabnya adalah usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi. Namun, ternyata banyak faktor lain yang menyebabkan masalah pada setir yang keras.

    Lalu, apa saja penyebab-penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasi serta menghindarinya? Anda dapat simak ulasan poin-poinnya di bawah ini.

    • Masalah pada Power Steering Belt

    Perlu Anda ketahui bahwa hampir 90% masalah setir mobil yang keras dan sulit dikendalikan berasal dari komponen power steering. Misalnya, oli power steering yang habis, cairan power steering bocor, hingga masalah pada power steering belt.

    Komponen satu ini bertugas untuk memompa oli agar dapat menghasilkan tekanan untuk kemudi agar bisa berputar. Jika komponen ini bermasalah, maka Anda akan merasakan setir yang lebih berat untuk dikendalikan.

    Salah satu cara mengatasinya adalah mengganti power steering belt lama dengan yang baru. Apalagi jika belt yang terbuat dari karet tersebut sudah berusia lama.

    • Ban Mobil Kempes

    Penyebab setir mobil sulit dikendalikan karena keras dan berat berikutnya adalah karena ban mobil Anda kempes. Tekanan angin yang berkurang akan membuat kinerja power steering lebih sulit dikontrol.

    Alhasil, Anda akan merasakan kesulitan untuk melakukan manuver mobil ketika di jalan atau tikungan. Maka dari itu, cek terus kondisi tekanan ban Anda agar masalah yang mengganggu kenyamanan berkendara dapat dihindari.

    • Sistem Pengereman Bermasalah

    Setir mobil keras juga dapat disebabkan oleh sistem pengereman mobil yang bermasalah. Jika salah satu komponen sistem rem seperti cakram atau kampas bermasalah atau tidak berfungsi, hal ini dapat menjadi penyebab kondisi setir yang berat.

    Anda akan merasa kesulitan untuk bermanuver ketika sistem pengereman bermasalah. Selalu cek sistem pengereman Anda dengan cara rutin melakukan servis dapat menghindari kondisi setir keras!

    • Rusaknya Komponen Suspensi

    Selain sistem pengereman yang bermasalah, rusaknya komponen suspensi mobil juga bisa menjadi penyebab setir mobil keras. Komponen suspensi seperti ball joint, bushing atau tie rod end yang rusak akan memengaruhi kinerja setir mobil.

    Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat lakukan perawatan servis rutin mobil, sekaligus juga mengoptimalkan berbagai komponen mobil.

    • Komponen Rack Steer Rusak

    Rack steer merupakan komponen penghubung antara kaki-kaki dan setir mobil. Komponen inilah yang menjaga setir agar tetap stabil serta mudah untuk bermanuver. Namun, jika komponen ini rusak, tentu akan terganggu kinerja setir mobil Anda.

    Komponen satu ini memang rentan longgar dan bermasalah, apalagi jika Anda sering melintasi jalanan yang berlubang. Maka dari itu, ketika melakukan servis rutin sebaiknya Anda memerhatikan komponen rack steer ini.

    Nah, itulah berbagai penyebab setir mobil berat ketika dikendarai yang dapat Anda ketahui. Hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah kondisi setir yang sulit untuk digerakkan.