Berita

    Featured Image

    Penasaran Ini Sejarah dan Seri dari Suzuki Grand Vitara

    Sejarah Grand Vitara di Indonesia tergolong sangat panjang dan legendaris. Sebelum dilengkapi dengan teknologi hybrid seperti pada seri terbaru, mobil ini pernah mengalami banyak perubahan teknologi dan desain selama 35 tahun.

    Selain dikenal dengan nama Vitara, mobil seri ini juga pernah dijual dengan nama yang berbeda-beda seperti Escudo dan Sidekick. Lalu, seperti apa sejarah perkembangan Suzuki Grand Vitara di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya.

    Sejarah Grand Vitara di Indonesia

    Sebelum diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 1992, Suzuki Grand Vitara terlebih dahulu diluncurkan secara global di Jepang pada tahun 1988. Berikut perkembangan seri Grand Vitara dari generasi pertama sampai terbaru.

    • Generasi Pertama

    Suzuki Grand Vitara ET adalah generasi pertama dari seri Vitara yang diluncurkan pada tahun 1992 di Indonesia yang hadir dengan model 3 pintu dan sistem penggerak 4x4 yang sangat cocok untuk offroad. 

    Grand Vitara generasi pertama ini cukup menarik perhatian masyarakat karena menggunakan model per keong sehingga nyaman untuk dikendarai.

    Pada saat itu, mobil ini menjadi satu-satunya mobil yang memakai per keong dimana mobil lain menggunakan per daun. 

    Terdapat 2 varian dari Grand Vitara ET ini yaitu tipe JX dan JLX. Penjualan seri ini tergolong sukses baik di Asia, Australia, sampai Amerika Utara. Pada tahun 1994, Suzuki meluncurkan Vitara dengan nama berbeda yaitu Suzuki Escudo.

    Suzuki Escudo hadir dengan sistem penggerak 4x2 yang memiliki harga lebih terjangkau.

    Kemudian pada tahun 1995, Suzuki juga meluncurkan kembali mobil SUV yang sama hanya dengan nama yang berbeda yaitu Suzuki Sidekick yang memiliki harga lebih terjangkau dari Suzuki Escudo. 

    • Generasi Kedua

    Suzuki Escudo FT adalah generasi kedua dari Suzuki Grand Vitara. Sejarah Grand Vitara ini diluncurkan pada tahun 1998 secara global dan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2001. 

    Mobil seri ini memiliki sejumlah perubahan desain eksterior yang membuat mobil ini terlihat lebih kekar dan cenderung bulat. Sistem penggerak yang digunakan adalah sistem penggerak 4x4 dengan kapasitas mesin 2000 cc.

    Kemudian seri ini berkembang menjadi Grand Escudo XL7 yang memiliki kapasitas kabin yang lebih mewah dan besar yaitu bisa menampung sampai 7 penumpang. 

    Selain itu, mobil ini juga memakai kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 2500 cc dan 3000 cc. 

    • Generasi Ketiga

    Sejarah Grand Vitara generasi ketiga dimulai pada tahun 2006. Seri ini menggunakan sistem penggerak 4x2 dengan mesin berkapasitas 2000 cc. Mobil seri ini memakai transmisi otomatis dan manual. 

    Meski memiliki desain eksterior yang mirip dengan Vitara generasi pertama, namun desain eksterior mobil ini terlihat lebih dinamis dan modern. Kemudian pada tahun 2009, hadir Suzuki Grand Vitara yang memiliki kapasitas mesin 2400 cc.

    • Generasi Keempat

    Di Indonesia, seri ini baru diluncurkan pada tahun 2023 dengan memakai sistem penggerak roda depan atau FWD.

    GRAND VITARA

    Mobil seri ini menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc yang sudah didukung dengan teknologi AllGrip 4x4. Terdapat 2 tipe untuk generasi keempat yaitu tipe GL dan GX.

    Mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi modern seperti head unit, cruise control, wireless charger, digital MID, dan masih banyak lagi.

    Adapun generasi terbaru Grand Vitara sudah dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan yaitu Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS.