Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Memasang Relay Lampu Pada Mobil

    Anda pasti sudah pernah mendengar relay lampu mobil bukan? Lebih-lebih ketika sedang mengeluhkan headlamp yang mulai terlihat redup. Tetapi, apakah Anda sudah mengetahui fungsi dan cara memasangnya? 

    Relay sebenarnya merupakan komponen elektronik berbentuk saklar yang dapat beroperasi menggunakan arus listrik. Pada dasarnya, relay bukan hanya dapat digunakan di rangkaian elektronika, tetapi sekarang juga digunakan pada kendaraan. 

    Penggunaan komponen ini pada mobil sebagai saklar memiliki fungsi mematikan serta menyalakan lampu. Relay juga sering digunakan ketika lampu utama sudah mulai redup, sehingga dengan rela mobil, lampu berubah menjadi lebih terang. 

    Fungsi Relay Lampu Mobil

    Relay pada dasarnya merupakan komponen elektronik yang ada di kendaraan, termasuk di mobil. Fungsinya adalah mengalirkan arus listrik dari saklar ke komponen listrik yang lain di kendaraan contohnya seperti klakson dan lampu utama. 

    Tetapi, salah satu keistimewaan yang dimiliki relay adalah dapat mengalirkan arus listrik dengan tegangan besar menggunakan sistem pengendalian arus listrik kecil. 

    Ketika menggunakan relay lampu mobil, nyala lampu akan menjadi semakin terang, selain itu saklar lampu juga menjadi semakin awet. Hal tersebut disebabkan karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu, namun melalui relay. 

    Sehingga, Anda dapat menghemat biaya perawatan lampu dan saklarnya karena membuat saklar lampu lebih awet. Relay dibedakan berdasarkan sesuai dengan jumlah kaki. Terdapat relay lampu 4 kaki, 5 kaki, 8 kaki serta 3 kaki. 

    Sedangkan, jenis relay seperti Throw Relay Single Pole Single Throw, Relay Single Pole Double Throw, Relay Double Pole Double Throw, Relay Double Pole Single Throw. 

    Cara Masang Relay Lampu Mobil

    Lantas, bagaimana cara memasang relay pada lampu mobil? Pemasangan relay mobil dibagi menjadi 2. Berikut penjelasan selengkapnya:

            1. Membeli Satu Set Relay

    Pemasangan lampu relay yang pertama sebenarnya mudah. Namun, anggaran yang harus dikeluarkan cukup banyak. Besarnya anggaran yang harus dikeluarkan ini disebabkan karena Anda harus membeli satu set lampu relay. 

    Umumnya, set relay lampu mobil ini banyak dijual oleh toko onderdil otomotif dan bengkel baik online maupun offline. Terdapat beberapa pilihan sel relay di pasaran seperti set dengan 2 relay, 3 relay, dan 4 relay.