Berita

    Featured Image

    Ketahui Jenis - Jenis Klakson Pada Mobil

    Klakson mobil merupakan salah satu komponen yang penting dan menunjang keselamatan selama berkendara. Klakson harus ada di setiap jenis kendaraan termasuk mobil. Tanpa adanya klakson atau jika alat ini tidak berfungsi, pengemudi akan merasa tidak aman. 

    Pengendara menggunakan klakson untuk memberikan peringatan. Berupa bunyi yang cukup nyaring. Suara tersebut menjadi isyarat untuk kendaraan atau orang lain yang menyeberang jalan agar menghindari bahaya. 

    Sehingga pengemudi bisa merasa lebih aman dan nyaman selama membawa kendaraan. Orang yang ada di luar mobil dan yang membawa kendaraan lain, juga akan terjaga keamanannya.  

    Jenis-Jenis Klakson Mobil

    Klakson mobil memiliki suara khas yang membuat siapapun orang yang mendengarnya tahu bahwa itu suara klakson. Orang pada umumnya berpikir bahwa semua mobil menggunakan tipe klakson yang sama. Padahal klakson terdiri dari beberapa jenis. 

    Berikut ini beberapa jenis klakson mobil yang biasa dipasang pada kendaraan, di antaranya ialah:

    • Klakson Udara

    Klakson udara memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan bunyi yang berat dan nyaring. Jenis klakson ini mengeluarkan suara lebih tinggi dan keras. 

    Cara kerja dari klakson udara adalah dengan menggunakan kompresor listrik atau bisa juga dengan kompresor rem angin (katup electro pneumatic). Udara masuk dan keluar melewati celah pada katup sampai menciptakan suara klakson.

    Klakson udara tidak menggunakan daya listrik untuk berfungsi. Namun jarak antara kompresor listrik dan klakson yang terlalu jauh bisa mempengaruhi suara klakson. Jika  letak kompresor terlalu jauh, saat menekan klakson suara yang keluar terdengar kecil. 

    Selain digunakan pada mobil pribadi, klakson udara juga banyak dipakai di kendaraan berukuran besar seperti truk, bus, termasuk kapal dan kereta. 

    Di beberapa negara suara dari klakson udara bahkan bisa diatur. Sehingga suara klakson udara untuk mobil truk berbeda dengan yang ada di kereta.

    • Klakson AC

    Jika tadi klakson udara tidak menggunakan listrik untuk dapat mengeluarkan bunyi, klakson AC justru sangat bergantung pada listrik. Klakson AC merupakan klakson yang memakai magnet listrik untuk menciptakan bunyi. Dengan sistem kerja arus AC. 

    Arus listrik yang bolak balik menghasilkan getaran pada membran. Getaran tersebutlah yang menciptakan suara keras klakson. Klakson AC juga dapat memakai dinamo listrik, tetapi biasanya digunakan untuk kendaraan kecil. 

    • Klakson DC