Berita

    Featured Image

    Memahami Tentang Ketebalan Cat Mobil dan Jenisnya

    Cat merupakan salah satu daya tarik utama mobil dari luar. Itulah mengapa pengetahuan tentang jenis-jenis cat mobil diperlukan oleh para pemiliknya. Dengan demikian, mereka bisa memilih jenis cat yang paling tepat untuk mobilnya.

    Namun sebelum itu, ketebalan cat perlu diketahui terlebih dahulu. Simak ulasan di bawah ini untuk memahaminya lebih lanjut.

    Ketebalan Cat Mobil

    Sejatinya, masing-masing cat mempunyai ketebalannya sendiri-sendiri. Misalnya mobil buatan Jepang seperti Suzuki mempunyai ketebalan cart 90 sampai 100 mikron. Lalu, tebal cat pada mobil keluaran Eropa biasanya mencapai 160 hingga 170 mikron. Secara garis besar, rata-rata ketebalan cat pada mobil berkisar antara 65 sampai 198 mikron

    Untuk memastikan ketebalan ini, alat bernama coating thickness gauge bisa digunakan. Cara kerja alat ini adalah dengan metode eddy current dan induksi magnetic. Biasanya alat ini dapat ditemukan di bengkel pengecatan body mobil.

    Saat memeriksanya, seharusnya cat mempunyai ketebalan yang konsisten antara area satu dengan area lainnya. Namun beberapa hal bisa terjadi karena penyebab tertentu, seperti.

    • Perbedaan ketebalan cat antara area berdekatan yang menjadi tanda bahwa telah terjadi pengecatan ulang

    • Area dengan ketebalan cat berkurang akibat terjadinya pengikisan 

    Jenis-Jenis Cat Mobil

    Setelah mengetahui ketebalannya, kini saatnya untuk mengetahui jenis-jenis cat apa saja yang bisa digunakan pada mobil. Berikut di antaranya;

    • Cat Metalik

    Cat metalik mempunyai hasiil akhir berkilau dan glossy. Itulah mengapa cat ini biasanya digunakan untuk body mobil sport. Mobil dengan cat inipun mempunyai harga jual yang tinggi jika dibandingkan dengan mmobil lainnya.

    Menariknya, cat metalik bisa dimanfaatkan untuk mengatasi goresan atau noda kecil pada mobil. Namun, cat ini mempunyai harga yang lebih mahal dan cenderung sulit untuk ditambal.

    • Cat Lacquer

    Cat ini mempunyai harga yang terjangkau dan bisa diaplikasikan di segala cuaca dengan mudah. Tak hanya itu saja, hasilnya pun terlihat mengkilap. Hal ini membuatnya terkenal pada tahun 1920 hingga 1960-an.

    Cat ini tergolong mudah kering bila diaplikasikan. Bagaimanapun juga, dibutuhkan delapan lapisan untuk menggunakan cat ini. Alatnya pun khusus seperti pistol semprot.

    • Cat Matte

    Jika melihat mobil dengan body yang tidak mengkilap namun terlihat mulus di segala kondisi, maka cat yang digunakan adalah matte. Biasanya, cat ini digunakan di mobil-mobil mewah.

    Bagaimanapun juga, diperlukan pemeliharaan ekstra untuk menjaga cat ini agar tetap prima. Selain itu, cat ini sebaiknya tidak digunakan untuk memperbaiki baret pada mobil.

    • Cat Pearl

    Sekilas cat pearl terlihat seperti metalik. Hal ini disebabkan cat tersebut dapat membuat mobil terlihat berkilau serta memantulkan sinar matahari. Cat inipun mengandung kristal keramik atau bahan mika. Sayangnya, cat ini juga mempunyai harga lebih tinggi dan susah ditambal.

    • Cat Akrilik

    Bila ingin mobil terlihat mengkilap namun dengan harga yang lebih terjangkau, cat akrilik bisa digunakan. Selain itu, cat akrilik juga tak beracun karena terbuat dari air. Debu serta kotoran juga tak mudah menempel. Namun, warnanya mudah memudar bila terkena matahari terlalu lama.

    • Cat Urethane

    Cat ini termasuk awet dan tidak mudah mengelupas. Namun perlu diketahui bahwa cat ini mengandung zat beracun sehingga harus diaplikasikan dengan alat khusus oleh mekanik profesional.