Berita

    Featured Image

    Mengenal Apa Itu EFI? dan Peranannya pada Mobil

    Perkembangan teknologi di dunia otomotif kini semakin berkembang pesat dengan kehadiran EFI (Electronic Fuel Injection). Hadirnya teknologi ini tentunya memiliki peran sangat penting terhadap performa mesin bahan bakar di dalam kendaraan.

    Pada pembahasan kali ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Electronic Fuel Injection dan bagaimana perannya pada kendaraan mobil. Ikuti penjelasan lengkap berikut!

    Apa Itu EFI?

    Perlu Anda tahu, Electronic Fuel Injection adalah sistem elektronik yang menyuplai bahan bakar dari tangki ke kendaraan. Teknologi ini merupakan pengganti dari sistem bahan bakar konvensional.

    Di mana sistem pada bahan bakar ini menggunakan karburator mesin dengan menyalurkan karbu melalui pompa teknis. Kemudian karburator tersebut berperan dalam menyuplai bensin dengan kapasitas yang tepat.

    Hanya saja, sistem konvensional ini tidak mampu memenuhi volume bahan bakar sepenuhnya sehingga berimbas kurangnya kinerja emisi kendaraan secara maksimal. 

    Berawal dari masalah tersebut, maka hadir sebuah perangkat elektronik bernama Electronic Fuel Injection pada mobil.

    Cara kerja sistem teknologi ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu mengalirkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Namun yang, membedakan dengan sistem konvensional Electronic Fuel Injection mengacu terhadap kebutuhan mesin bahan bakar itu sendiri.

    Fuel Injection bekerja memakai kontrol elektronik untuk memantau kondisi mesin secara otomatis. Sistem ini juga akan menganalisa ECU dan memasukkan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.

    Pada dasarnya, Electronic Fuel Injection mampu bekerja otomatis menggunakan kontrol elektronik yang memantau keadaan mesin, melakukan analisis ECU, dan memasukkan BBM dengan menyesuaikan kebutuhan mesin. 

    Peran Electronic Fuel Injection pada Mobil

    fungsi EFI pada mobilFreepik.com

    Dari penjelasan sebelumnya, Anda dapat mengetahui bahwa kehadiran teknologi ini memiliki peran yang cukup penting untuk kendaraan. Berikut peran EFI pada mobil pada proses pengisian bahan bakar kendaraan:

    • Menyalakan Mesin secara Otomatis

    Teknologi ini berfungsi untuk menyalakan arus panas dan dingin pada mesin mobil secara otomatis. Sehingga, Anda tidak perlu menunggu untuk menyesuaikan choke ketika menyalakan mobil Anda.

    • Menyesuaikan Ketinggian Jalan Tempuh

    Ketika Anda melewati medan jalan yang cukup tinggi, tidak perlu lagi untuk menyesuaikan campuran dari bahan bakar atau udara agar mesin tetap berfungsi. 

    Hal ini dikarenakan bahwa fuel injection bisa melakukannya secara otomatis dengan kontrol elektronik yang dimilikinya.

    • Mengeluarkan Tenaga yang Konsisten

    Kontrol elektronik pada Electronic Fuel Injection memiliki tenaga yang cukup kuat saat dikeluarkan dan juga relatif lebih konsisten karena diatur secara otomatis. 

    Mesin yang dilengkapi teknologi ini mampu memberikan tenaga dan torsi lebih tinggi sehingga dapat mempertahankan kinerja optimal secara berkelanjutan. 

    • Membuat Bahan Bakar Hemat

    Peran yang memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraannya adalah karena hematnya pemakaian bahan bakar. Perlu diketahui, bahwa mobil dengan sistem teknologi ini bisa meningkatkan kehematan bahan bakar mencapai 25%.

    Nah, itu dia pembahasan kali ini yang menjelaskan apa itu Electronic Fuel Injection dan bagaimana perannya pada kendaraan mobil. Hal ini bisa menjadi nilai keuntungan yang mana sistem teknologi ini bisa mengoptimalkan pengisian bahan bakar secara otomatis.

    Dengan adanya teknologi EFI, mengisi bahan bakar pun lebih terkontrol sesuai kebutuhan mesin Anda. Tentu ini sangat menguntungkan terutama jika mobil sering digunakan untuk perjalanan jauh.