Berita

    Featured Image

    Mengenal EGR Mobil dan Fungsinya

    EGR mobil atau Exhaust gas recirculation merupakan salah satu teknologi yang sudah ada dan dipakai sejak awal tahun 1973. Berdasarkan hal tersebut, EGR telah digunakan oleh hampir seluruh pabrikan yang ada di seluruh dunia. 

    Teknologi EGR ini digunakan pada mobil yang berbahan bakar bensin dan diesel. EGR ini berfungsi untuk menyalurkan kembali sebagian dari sisa pembakaran (NOx) ke intake manifold. Tujuan dari fungsi tersebut adalah supaya mobil bisa bersifat lebih ramah lingkungan.

    Sebagai sebuah teknologi yang bertujuan untuk mengurangi emisi bahan bakar, EGR dapat menyerap 5-15% gas buang pada mobil bensin dan 50% gas buang pada mobil diesel untuk disalurkan menuju ke intake manifold.

    Jumlah dari gas buang yang disirkulasikan ini, bisa berdampak pada tenaga mesin yang dihasilkan di ruang pembakaran mobil tersebut.

    Cara Kerja EGR Mobil

    Sebagai sebuah teknologi otomotif yang krusial karena dinilai memiliki sifat yang ramah lingkungan, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari teknologi EGR (Exhaust gas recirculation) ini. EGR pada mobil memiliki katup sederhana yang dapat membuka dan menutup sesuai kebutuhan. 

    Ketika katup EGR terbuka, maka gas sisa pembakaran akan diarahkan masuk ke dalam ruang pembakaran. Lalu saat EGR tertutup, maka gas buang akan terhalang sehingga tidak dapat masuk ke dalam ruang pembakaran.

    Proses tersebut dapat terjadi ketika mesin yang dihidupkan mengalami peningkatan dan penurunan suhu serta kecepatan secara bergantian. Saat mesin kemudian dimatikan, maka katup EGR itu akan menutup dan proses tersebut pun berhenti.

    Cara Merawat EGR Mobil

    Seperti yang sudah Anda ketahui, EGR adalah teknologi yang dapat mengurangi terjadinya emisi pada mobil. Menjadi sebuah teknologi yang penting, maka perawatan terhadap EGR sangat perlu untuk dilakukan. Untuk mengetahuinya, mari simak informasi tersebut di bawah ini!

    • Cek dan Bersihkan Katup secara Rutin

    Dalam melakukan perawatan terhadap EGR, pertama-tama Anda harus cek dan bersihkan katup secara rutin. Jika katup mengalami masalah atau kerusakan, segera ganti katup tersebut dengan katup yang baru agar tidak menimbulkan masalah lainnya di masa mendatang.

    • Bersihkan Pipa dan Saluran EGR
    Pexels.com