Berita

    Featured Image

    Mengenal Teknologi Autopilot pada Mobil

    Belakangan ini, teknologi autopilot pada mobil mulai banyak digunakan. Hal ini tentunya bisa banyak membantu pengemudi mobil, supaya perjalanan dapat lebih aman.

    Dengan adanya autopilot atau kemudi otomatis ini, maka kecelakaan lalu lintas juga bisa diminimalisir. Inilah yang membuat banyak perusahaan mobil semakin mengembangkan dan menambahkan berbagai fiturnya.

    Apa Itu Teknologi Autopilot pada Mobil?

    Secara sederhana, autopilot dapat dikatakan sebagai teknologi atau sistem yang membuat kendaraan bisa berjalan secara otomatis, termasuk untuk mobil.

    Sistem autopilot yang diterapkan pada mobil, memiliki deteksi sensor sehingga bisa mengetahui objek di sekitar serta jaraknya dari mobil.

    Sistem otomatis ini bisa membuat kesalahan atau kecelakaan akibat human error semakin diminimalisir. Seiring berkembangnya teknologi autopilot, berbagai fitur baru mulai ditambahkan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

    Namun, bukan berarti Anda bisa menyerahkan kendali mobil secara seutuhnya, tetap perlu pengemudi yang bisa menjaga sistem keamanan supaya tetap berjalan dengan baik.

    Sistem Utama Autopilot Mobil

    Untuk bisa mengemudikan mobil dengan menggunakan teknologi autopilot, maka terdapat beberapa sistem utama yang dipakai oleh mobil.

    Kamera

    Sistem penting yang pastinya perlu dimiliki untuk menjalankan autopilot pada mobil adalah kamera. Dalam hal ini, kamera yang digunakan bukanlah kamera sembarangan, melainkan harus yang memiliki resolusi tingkat tinggi.

    Sensor

    Komponen penting yaitu diperlukan sistem sensor. Fungsinya, untuk mendeteksi area sekitar mobil dengan akurat.

    Sensor yang biasa dipakai untuk mobil autopilot adalah jenis sensor ultrasonic. Sensor ini bekerja dengan cara mengirimkan deteksi gelombamg sinyal pada objek.

    Dengan begitu, maka mobil dapat menjaga jarak aman ketika hendak melakukan perpindahan jalur atau kemudi lainnya.

    Sistem LIDAR atau Light Distance and Ranging

    Sistem Light Distance and Ranging, atau yang sering disingkat LIDAR, merupakan sistem yang bisa melakukan pendeteksian terhadap objek.

    Dengan menggunakan pantulan laser dalam sistemnya, LIDAR bisa mengukur jarak objek. Sinar laser transmitter dimanfaatkan untuk menghitung dengan akurat, sejauh apa objek yang berada di sekitar mobil.

    ECU atau Electronic Control Unit

    Sistem utama yang terakhir yaitu Electronic Control Unit atau ECU. Bagian ini memiliki fungsi untuk memproses berbagai data hasil dari radar dan sensor yang telah diperoleh.