Berita

    Featured Image

    Penyebab Kaca Mobil Kusam dan Banyak Goresan

    Visibilitas pengemudi dalam melihat kondisi jalan sangat ditentukan dari kondisi kaca mobil. Bila kaca mobil kusam dan ada banyak goresan, konsentrasi saat mengemudi pun akan terganggu.

    Meskipun terlihat sepele, penting untuk menjaga dan merawat kaca mobil terutama untuk bagian depan agar tidak banyak baret atau kusam. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar bisa menghindarinya. Berikut ulasannya!

    Penyebab Kaca Mobil Kusam dan Baret

    Berikut hal-hal yang bisa mengakibatkan kaca mobil terlihat lebih kusam dan muncul banyak goresan yang dapat mengganggu jarak pandang maupun konsentrasi saat mengemudi: 

    • Karet Wiper yang Sudah Aus

    Ketika Anda melihat karet wiper sudah mulai aus, jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, tekanan dari wiper yang rusak akan menimbulkan baret pada bagian kaca. Segera ganti karet wiper bila dirasa sudah mulai keras atau menunjukkan tanda-tanda sudah getas. 

    • Memakai Kain Kasar untuk Membersihkan Kaca

    Saat membersihkan kaca mobil, sebaiknya Anda menggunakan lap bertekstur lembut. Sebab, lap bertekstur kasar akan meninggalkan baret yang merusak kaca. Material yang harus dihindari untuk membersihkan kaca adalah handuk kasar, spons, atau mikrofiber. 

    Memakai Kain Kasar untuk Membersihkan KacaFreepik.com

    Selain itu, Anda juga harus menggosok kaca dengan perlahan dan jangan berlebihan untuk mengurangi goresan serta menjaga agar permukaan kaca tetap bersih kinclong. 

    Kaca yang bersih dan bebas dari baret atau tidak kusam akan membantu visibilitas Anda selama berkendara. Mobil pun akan terlihat lebih bersih dari luar. 

    • Air Hujan yang Sudah Mengering

    Di musim hujan, mobil akan lebih sering terkena air hujan. Tidak jarang, Anda akan menahan diri untuk langsung membersihkannya karena merasa mobil akan kotor lagi. 

    Namun, tahukah Anda jika air hujan memiliki kandungan zat kimia serta mineral yang akan meninggalkan noda yang membuat kaca mobil kusam setelah mengering? 

    Noda tersebut bila dibiarkan menumpuk akan membuat kaca semakin buram dan mengganggu jarak pandang. Mobil juga akan terlihat lebih kumuh atau kotor dan tidak terawat. 

    Untuk itu, segera cuci mobil setelah terkena hujan. Pastikan untuk memakai cairan pembersih yang tidak merusak kaca. Anda pun harus mengeringkannya dengan benar dan memastikan sudah tidak ada noda yang tertinggal. 

    • Salah Pilih Produk Pembersih Kaca

    Ada banyak produk cairan pembersih untuk kaca mobil. Maka, pilihlah produk yang tepat, yang tidak mengandung zat kimia keras yang bisa merusak lapisan kaca. 

    Pasalnya, salah memilih produk pembersih bisa membuat kaca rusak karena goresan dan terlihat lebih kusam. Untuk itu, pilih produk yang aman dengan kandungan kimia yang lembut. 

    Pastikan pula untuk selalu membaca bahan yang digunakan dari tiap produk pembersih dan memperhatikan petunjuknya dengan benar sebelum menggunakan. Dengan begitu, kaca mobil akan tetap dalam kondisi baik tanpa ada baret atau warnanya jadi kusam. 

    • Terpapar Cahaya Matahari saat Parkir

    Kaca mobil yang terlihat kusam bisa juga disebabkan karena mobil terlalu sering diparkir di area terbuka dan terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama. Sinar UV akan merusak lapisan pelindung kaca secara bertahap. 

    Untuk itu, selalu gunakan penutup mobil bila harus parkir di area terbuka dan tidak ada pepohonan yang menaungi. Bila memungkinkan, cari tempat teduh untuk parkir agar kaca aman dari kusam. 

    Perhatikan kelima penyebab kaca mobil kusam dan hindari itu. Meskipun hanya bagian kecil dari mobil, tapi kaca yang terawat akan membuat mobil terlihat lebih bersih, lebih nyaman, dan aman untuk perjalanan. Jadi, lakukan perawatan pada kaca mobil secara berkala!