Berita

    Featured Image

    Segara Service! Ini Penyebab Ban Mobil Goyang

    Ban mobil terasa goyang? Sebaiknya memang harus lakukan tindakan segera untuk servis ke bengkel terdekat. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui penyebab ban mobil goyang terlebih dahulu.

    Kondisi ban goyang tentu mengganggu kenyamanan pengendara dan penumpang yang membuat laju jalan terasa tidak stabil dan sulit dikendalikan. Jika masalah ini dibiarkan, bisa menimbulkan resiko berbahaya hingga kecelakaan fatal.

    Penyebab Ban Mobil Goyang

    Masalah ban mobil seringkali terjadi terutama bagi Anda yang sering menggunakan kendaraan untuk perjalanan jauh. Agar lebih mudah mengatasinya, berikut beberapa penyebab ban mobil terasa goyang yang wajib Anda ketahui!

    • Ban Aus

    Penyebab umum yang sering terjadi adalah kondisi keausan serta tekanan ban yang tidak seimbang. Ban aus dapat dikenali dengan struktur tapak yang tidak rata sehingga cengkeraman akan hilang saat berada di permukaan jalan.

    Selain itu, goyangan ban aus juga akan lebih terasa saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Kondisi ban aus dan tidak seimbang juga akan menyebabkan getaran mobil menjadi terasa tidak normal.

    • Masalah Suspensi

    Masalah pada bagian suspensi kendaraan juga bisa menjadi penyebab utama ban mobil goyang. Hal ini dikarenakan kondisi suspensi tersebut tidak dapat lagi menyerap guncangan mobil dengan maksimal. 

    Masalah Suspensi

    Akibatnya, goyangan mobil menjadi tidak terkendali terutama saat melintasi permukaan jalan berlubang. Selain itu, gejala yang timbul pada suspensi bermasalah juga akan sangat terasa tidak stabil saat mobil bermanuver.

    • Komponen Kemudi yang Rusak

    Komponen kemudi termasuk masalah lain yang membuat ban mobil terasa goyang saat berjalan. Ini bisa diakibatkan masalah keausan atau kerusakan pada poros roda mobil.

    Hal ini juga berlaku terhadap kerusakan seluruh komponen kemudi mobil itu kembali. Oleh karena itu, segera periksa untuk mengecek poros dan komponen kemudi jika ban terasa goyang.

    • Peredam Guncangan Bermasalah

    Sokbreker atau bisa disebut peredam guncangan jika bermasalah akan membuat mobil terasa bergoyang-goyang saat melaju cepat. Hal ini dikarenakan mobil tidak memiliki kemampuan untuk menyerap guncangan dengan baik seperti semula.

    Akibatnya, goyangan terasa lebih mengganggu saat mobil berjalan di permukaan tidak rata. Untuk mengatasi masalah tersebut, cek kembali untuk memastikan apakah peredam guncangan masih dalam keadaan baik atau harus melakukan penggantian bila diperlukan.

    • Kinerja Sistem Pengereman Berkurang

    Sistem rem bekerja tidak optimal juga akan menyebabkan goyangan tidak terkendali saat mobil dikemudikan. Masalah ini terjadi akibat kampas rem aus hingga cakram rem yang tidak rata.

    Maka dari itu, pastikan sistem pengereman pada mobil Anda dalam kondisi optimal secara keseluruhan. Lakukan perawatan secara berkala agar kinerja rem tetap terjaga kualitasnya.

    • Velg Mobil Rusak

    Penyebab ban mobil goyang selanjutnya adalah kondisi velg yang rusak. Masalah pada velg sangat beragam mulai dari benturan hingga berkarat dan menyebabkan mobil menjadi limbung.

    Jika Anda mendapatkan masalah seperti ini, maka segera lah untuk memperbaikinya ke bengkel resmi dan terpercaya. Bila diabaikan dalam waktu panjang, bisa mengakibatkan mobil kurang stabil.

    Walaupun velg mobil yang rusak sebenarnya dapat diperbaiki, namun itu tidak akan memulihkan kondisi seperti sedia kala. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi velg bermasalah, segera mengganti komponen secara keseluruhan untuk menjamin keamanan selama berkendara.