Berita

    Featured Image

    Simak Tips Merawat Transmisi Matic Agar Lebih Awet

    Kebutuhan akan mobil jenis automatic atau matic semakin meningkat. Hal tersebut juga berpengaruh kepada kebutuhan informasi tentang merawat transmisi mobil matic agar lebih awet dan tahan lama.

    Anda mungkin mengetahui bahwa produksi transmisi mobil matic semakin digandrungi oleh masyarakat karena memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari mobil jenis matic, terutama dalam aspek transmisi.

    Mesin mobil matic jika sudah rusak memang sulit sekali dan mahal untuk dibetulkan, termasuk komponen transmisinya. Maka dari itu, sebelum mobil mengalami kerusakan maka Anda wajib untuk merawat transmisi mobil matic agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

    5 Tips Mudah Merawat Transmisi Mobil Matic

    Banyak pengguna mobil matic mengeluhkan biaya ketika mesin mobilnya rusak, terutama komponen transmisi. Memang, mobil matic ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dapat dimiliki oleh mobil manual.

    Namun jika mesin sudah rusak, Anda akan mengalami kesulitan yang cukup membuat repot. Maka dari itu, ada 5 tips untuk merawat transmisi pada mobil matic yang dapat Anda lakukan agar mobil tidak mudah rusak, yaitu:

            1. Hindari Mengemudi Ugal-ugalan

    Tips pertama yang wajib Anda perhatikan adalah cara Anda mengemudi mobil matic. Mengendarai mobil secara ugal-ugalan dan kasar dapat membuat transmisi mobil cepat rusak dan tentunya dapat memengaruhi kondisi mesin.

    Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tancapan gas mobil yang tidak boleh secara tiba-tiba. Hal detil ini wajib Anda pahami dan lakukan agar mesin transmisi mobil matic lebih awet dan tahan lama. 

            2. Mengganti Oli Transmisi Secara Rutin

    Penggantian oli transmisi secara rutin dapat Anda tentukan mulai dari hitungan jarak atau durasi penggunaan mobil matic Anda. Misal, oli transmisi mobil dapat diganti setiap mencapai jarak 50.000 km.

    Anda juga dapat memeriksa kondisi oli transmisi mobil mati. Apabila oli sudah berwarna kehitaman dan berwarna cokelat susu akibat tercampur air, maka Anda wajib untuk mengganti oli dengan segera ke bengkel.

            3. Menggunakan Oli Khusus

    Merawat transmisi mobil matic butuh komponen khusus yang tentu berbeda dengan mobil manual biasa. Maka dari itu, oli yang digunakan untuk merawat komponen transmisi mobil matic merupakan oli khusus.

    Anda dapat mencari oli khusus di bengkel-bengkel resmi maupun umum yang mampu merawat transmisi mobil jenis matic. Pastikan untuk memberikan perawatan oli terbaik bagi mobil matic milik Anda.