Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi Inverter pada Mobil

    Ada banyak jenis komponen dalam sebuah mobil yang memegang peran penting. Salah satunya adalah inverter mobil. Komponen ini memiliki fungsi esensial sehingga harus ada di dalam sebuah mobil untuk memberikan performa yang terbaik. 

    Fungsi Inverter Mobil

    Mari berkenalan dulu dengan apa yang dimaksud inverter. Inverter itu sendiri adalah sebuah perangkat dengan daya yang berfungsi untuk mengubah arus listrik DC menjadi AC. 

    Arus listrik DC itu sendiri merupakan arus listrik yang berjalan bolak-balik. Sementara itu arus AC adalah arus listrik yang berjalan bolak-balik dengan tegangan yang lebih tinggi. 

    Sebagian besar inverter akan dipasang kemudian dipakai bersama dengan bank baterai. Nantinya akan ada siklus baterai dalam yang menjadi jantung dari sistem kelistrikan bertenaga inverter off-grid yang dibutuhkan oleh sebuah mobil. 

    Pada dasarnya inverter ini punya prinsip kerja yang sama seperti adaptor. Hanya saja posisi kumparannya terbalik dan menghasilkan voltase yang meningkat drastis dan arus listriknya juga diubah menjadi bolak-balik atau AC. 

    Dari penjelasan ini jelas dipahami bahwa inverter mobil adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah arus listrik DC menjadi AC. Perangkat ini kemudian akan mendukung sistem kelistrikan di dalam mobil sehingga memberi rasa nyaman dan aman. 

    Pemakaian Inverter di Dalam Mobil

    Setelah tahu apa itu inverter pada mobil dan fungsi yang dijalankan, mari pahami seperti apa wujud pemakaian komponen ini. Berikut adalah beberapa contoh pemakaian inverter mobil yang penting untuk diketahui:

    • Dihubungkan dengan Aki

    Inverter ini akan dihubungkan dengan aki mobil. Ini merupakan cara paling umum untuk memakai power inverter di dalam sebuah mobil. Biasanya alat ini bisa menghasilkan tegangan sampai 220V 50Hz rumah tangga. 

    Ada dua jenis inverter yang umumnya dihubungkan dengan aki mobil. Pertama adalah inverter modified sine wave yang harganya tidak terlalu mahal. Kemudian ada pure sine wave dengan harga yang relatif lebih mahal. 

    Perlu diketahui bahwa inverter modified sine wave biasanya mengeluarkan suara yang berisik saat bekerja. Namun silakan lihat kembali spesifikasinya sehingga bisa dipilih mana yang paling sesuai kebutuhan mobil.

    • Terhubung Langsung dengan Perangkat Elektronik