Berita

    Featured Image

    Simak Jenis & Biaya Cuci Mobil

    Saat ini tak sulit bagi pengguna mobil untuk menemukan layanan salon yang akan membersihkan interior dan eksterior mobil. Proses cuci mobil itu sendiri ternyata ada beragam jenisnya. Mari cari tahu apa saja jenisnya dan berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan!

    Jenis dan Biaya Layanan Cuci Mobil

    Penawaran layanan cuci kendaraan roda 4 ini semakin bervariasi. Sebelum mencucinya, Anda bisa memilih layanan seperti apa yang akan diambil. Berikut adalah beberapa jenis cuci mobil yang bisa Anda temukan saat ini:

            1. Pencucian Manual

    Pertama ada proses pencucian manual yang sudah populer digunakan sejak zaman dulu sampai sekarang. Dari namanya saja bisa diketahui bahwa pencucian mobil ini menggunakan teknik manual. Artinya pencucian akan langsung dilakukan oleh tenaga manusia. 

    Ini merupakan teknik pencucian mobil yang konvensional dan paling mudah ditemui di berbagai wilayah. Biasanya proses pengerjaan akan ditangani oleh satu atau dua orang. Alat yang digunakan juga konvensional dan prosesnya akan memakan waktu lebih lama. 

    Namun, kelebihan dari proses pencucian secara manual ini adalah hasilnya cukup memuaskan. Pengerjaan langsung dari tangan manusia membuat proses pembersihannya jauh lebih baik. Hanya saja memang biasanya jenis pencucian seperti ini tidak meliputi kolong mobil. 

    Berapa biaya cuci mobil secara manual atau konvensional ini? Biayanya cukup terjangkau dan sangat bervariasi tergantung masing-masing tempat cuci. Rata-rata cuci manual menghabiskan biaya Rp35.000,00 sampai Rp40.000,00. 

            2. Cuci Hidrolik

    Berikutnya ada tempat cuci mobil hidrolik. Ini merupakan jenis pencucian mobil yang menggunakan alat khusus bernama hidraulis. Alat ini digunakan untuk mengangkat mobil sehingga bagian kolong bisa dibersihkan sampai tuntas. 

    Jika dibandingkan dengan teknik cuci manual, jelas cara pencucian ini jauh lebih bersih. Bagian kolong bisa terjangkau dan prosesnya juga lebih mudah dibantu alat hidrolik. Meskipun pada dasarnya sebagian besar proses lain juga masih sama dengan teknik manual. 

    Untuk jenis pencucian seperti ini biasanya dibutuhkan biaya kurang lebih Rp50.000,00 sekali cuci. Prosesnya terbilang cepat namun bisa lebih lama jika bagian interior juga dibersihkan. Dari segi kebersihan jauh lebih memuaskan karena mencapai bagian kolong mobil. 

            3. Pencucian Robotic