Berita

    Featured Image

    Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Hujan

    Berkendara saat hujan membutuhkan konsentrasi yang ekstra. Karena jarak pandang jadi terbatas, kondisi jalanan lebih licin, ditambah genangan air bisa berdampak buruk pada ban dan mesin mobil.

    Mengendarai mobil di tengah hujan harus berhati-hati, terutama saat hujan cukup deras. Bila tidak yakin Anda bisa menepi dulu, untuk menunggu sampai intensitas hujan mulai ringan atau tinggal gerimisnya saja.

    Tips Aman Berkendara Saat Hujan

    Sebenarnya, Anda tetap bisa mengendarai mobil dengan nyaman di tengah hujan. Namun Anda harus lebih fokus dibanding mengemudi saat cuaca sedang cerah. 

    Supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, ikuti tips aman mengendarai mobil saat hujan berikut ini: 

    • Cek Kondisi Ban

    Jika Anda menyadari musim penghujan akan tiba, maka segera cek kondisi ban mobil. Akan lebih baik bila Anda mengecek ban mobil secara berkala, terlepas saat ini sedang musim hujan atau tidak. 

    Karena ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan. Pastikan ban masih dalam kondisi bagus, tidak botak atau aus. Jika ban mobil mulai botak maka daya cengkram ban terhadap permukaan jalan jadi menurun.

    Kemudian cek juga tekanan angin ban. Tidak boleh terlalu tinggi atau kencang karena akan mengurangi traksi. Serta tidak boleh terlalu rendah. sebab bisa membuat ban cepat rusak. 

    • Pastikan Wiper Berfungsi

    Wiper merupakan komponen yang juga sangat penting untuk bisa berkendara saat hujan dengan aman. Wiper berfungsi menyapu air hujan yang jatuh ke kaca mobil, sehingga pengemudi bisa melihat dengan jelas. 

    Tanpa wiper, siapapun tidak akan berani mengendarai mobil di saat hujan turun. Maka dari itu cek kondisi wiper, pastikan alat tersebut masih berfungsi dengan baik. Terutama cek bagian karetnya. 

    Jika karet wiper sudah keras atau getas dan tidak bisa menyeka air hujan dengan maksimal, maka Anda harus segera menggantinya dengan karet yang baru. 

    • Nyalakan Defogger

    Tantangan lain dari mengendarai mobil saat hujan adalah kaca mobil mudah mengembun. Embun yang muncul pada kaca jendela mobil, disebabkan oleh perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar mobil. 

    Cara menyiasatinya yaitu, dengan mengatur AC di suhu rendah dan menyalakan defogger atau penghangat kaca. Defogger ini bekerja dengan cara menghantarkan panas ke kaca mobil melalui kawat yang sangat tipis.