Berita

    Featured Image

    Simak Perawatan Mesin Mobil

    Merawat mesin mobil adalah sebuah kewajiban agar mobil Anda senantiasa memiliki penampilan fisik dan performa yang baik di jalanan. Namun, untuk beberapa orang yang masih awam dengan komponen atau bagian mesin mobil, kegiatan ini mungkin akan sedikit membingungkan. 

    Tips Efektif & Praktis Merawat Mesin Mobil

    Agar Anda bisa memaksimalkan performa terbaik mobil dan menjaganya tetap awet bahkan setelah bertahun-tahun dipakai, berikut ini beberapa tipsnya. 

    • Memilih Oli yang Berkualitas 

    Memilih oli berkualitas akan membuat mobil Anda senantiasa dalam kondisi prima. Tujuan utama dari penggunaan oli adalah untuk melumasi semua bagian logam yang bergerak di dalam mesin mobil.

    Oli akan memastikan bahwa piston, katup, poros bubungan, dan komponen lainnya berjalan atau berputar dengan mulus sekaligus meminimalkan gesekan dan mengurangi keausan komponen. 

    Namun tentu saja, performa mobil akan mengalami penurunan seiring waktu, selain memilih oli berkualitas, Anda juga dapat memilih oli jarak tempuh tinggi untuk menjaga agar mesin tetap berjalan dengan lancar.

    Selain melindungi komponen mesin dari gesekan, oli mobil jenis ini biasanya dirancang khusus untuk bisa membersihkan kotoran dengan cara mencegah penumpukan pernis dan endapan lain di mesin.

    Kelebihan lainnya, oli jarak tempuh tinggi juga dapat membantu mengurangi pembakaran oli dan mencegah kebocoran oli yang dapat terjadi pada mesin yang lebih tua. Oli ini memang sengaja dirancang untuk kendaraan model baru atau yang telah memiliki jarak tempuh lebih dari 100.000 km.

    • Jaga Kebersihan Mobil

    Selain untuk menjaga keindahan dan body mobil, membersihkan mobil juga memiliki manfaat untuk mesin mobil. Rajin membersihkan mobil akan membantu mengidentifikasi masalah yang dapat membahayakan Anda saat berkendara.

    Anda juga dapat mencegah kotoran yang menyumbat interior mesin, karat dan perubahan warna oli karena sudah terlalu lama dipakai. Oli yang sudah encer akan membuat mesin mobil terasa berat dan kasar saat digunakan. Selain itu, bisa juga mempercepat keausan komponen plastik dan selang karet mobil. 

    Tidak ada batasan waktu yang ditentukan untuk membersihkan mesin mobil. Yang harus Anda perhatikan saat akan mengatur jadwal bersih-bersih adalah keadaan cuaca dan udara di tempat Anda parker. 

    Misalnya, Anda tinggal di kota besar dengan debu yang cukup tebal, mobil Anda mungkin perlu dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Jadwal bersih-bersih mesin Anda memang akan lebih banyak daripada orang yang tinggal di daerah yang minim debu.