Berita

    Featured Image

    Simak Tips Merawat Ban Serep Mobil agar Selalu Prima

    Ban serep menjadi salah satu kebutuhan penting bagi Anda yang gemar bepergian membawa mobil. Fungsi dari ban serep mobil ini adalah sebagai cadangan jika sewaktu-waktu ban utama bocor atau pecah. Meskipun cadangan, namun ban serep tetap harus dirawat dengan cara yang benar agar selalu dalam kondisi prima. 

    Merawat Ban Serep Mobil

    Sama halnya seperti komponen mobil yang lain, ban serep harus dirawat dengan benar. Jika hanya didiamkan saja maka kualitas ban bisa menurun dan tidak terlalu bagus saat digunakan nanti. Berikut adalah beberapa tips merawat ban serep mobil yang bisa Anda terapkan:

    • Periksa Usia Ban

    Pertama, Anda harus memperhatikan usia ban serep terlebih dahulu. Sama halnya seperti ban yang aktif digunakan, ban serep juga punya batas usia tertentu. Menurut Asosiasi Produsen Ban Indonesia, batas wajar pemakaian ban adalah 4 tahun dihitung dari awal masa produksinya. 

    Segera cek apakah ban serep yang Anda gunakan sudah melewati batas usia 4 tahun atau belum. Jika sudah lewat maka ganti dengan ban yang baru. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan atau kerusakan akibat ban yang performanya tidak prima. 

    • Bersihkan secara Rutin

    Namanya saja ban cadangan, jadi tidak heran jika ban ini lebih lama disimpan. Penyimpanan tersebut bisa saja menyebabkan ban jadi kotor. Usahakan untuk membersihkan ban secara rutin untuk membuat kualitas dan visualnya selalu terjaga. 

    Pembersihan ban serep sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengelap ban dengan menggunakan kain kering. Tidak perlu memakai kain basah atau cairan apapun karena sisa air yang mengendap nantinya bisa menimbulkan karat. Jadi cukup lap saja dengan kain kering yang bersih. 

    • Cek Tekanan Angin

    Cobalah untuk memeriksa tekanan angin ban serep mobil Anda secara berkala. Hal ini juga penting untuk dilakukan sehingga tekanan angin ban selalu terjaga. Pastikan bahwa ban serep tersebut selalu memiliki tekanan angin yang mencukupi. 

    Perlu diketahui bahwa tekanan angin pada ban serep akan selalu berkurang. Pori-pori pada permukaan karen ban diketahui dapat menekan angin keluar sehingga tekanan angin pun terus menurun. Oleh sebab itu, cek secara rutin kondisi tekanan angin dan lakukan pengisian jika tekanan angin dalam ban berkurang. 

    • Periksa Kondisi Karet

    Jangan lupa cek juga kondisi karet pada ban karena bagian ini seringkali rusak karena ban disimpan terlalu lama. Lihatlah apakah karetnya masih cukup bagus atau tidak. Jika sudah ada kerusakan atau bagian permukaannya getas maka ban tidak layak lagi untuk digunakan.