Berita

    Featured Image

    Tanda Bearing Roda Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

    Bearing atau bantalan roda adalah komponen yang berada di dalam hub roda. Fungsinya adalah agar roda mobil bisa berputar dengan efisien dan lancar. Sayangnya, bearing roda mobil bisa mengalami kerusakan.

    Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui tanda-tanda kerusakannya. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ulasan selengkapnya!

    Tanda Bearing Roda Mobil Rusak

    Bearing roda bisa rusak akibat berbagai hal. Misalnya mengalami keausan, pengkaratan akibat banjir ataupun air hujan, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa bearing roda sudah rusak? Berikut tanda-tandanya.

    • Berisik

    Tanda bearing rusak dapat diketahui dari suara berisik yang dikeluarkan bagian roda atau kaki-kaki saat berjalan. Bahkan, bisa jadi suara ini cukup keras dan menyerupai gemuruh.

    Suara itu akan terdengar semakin keras jika Anda menggeber mobil dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, Anda patut waspada dan mengecek bearing jika hal itu terjadi.

    • Bergetar

    Selain menimbulkan suara yang cukup berisik, bagian kaki-kaki atau roda mobil akan mengeluarkan getaran-getaran yang mengganggu. Getaran ini akan semakin terasa jika mobil melaju dengan kecepatan yang kencang.

    Getaran ini sebaiknya tidak diabaikan oleh pengemudi maupun pemilik mobil. Hal ini disebabkan getaran tersebut bisa membuat mobil menjadi tidak stabil sehingga rawan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    • Putaran Tak Lancar

    Selain getaran, kerusakan bearing juga mengakibatkan roda berputar dengan tidak lancar. Hal ini membuat mobil menjadi lebih susah bergerak bahkan terhambat sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

    Tak hanya itu saja, putaran yang tak lancar ini bisa mengganggu perjalanan. Bahkan, hal tersebut bsa membuat Anda terlambat ke acara tertentu.

    • Ada Suara Berdecit

    Tak hanya berisik saja, bearing roda mobil yang ruak juga akan meinimbulkan suara berdecit. Hal ini akan semakin terdengar jika Anda memacu kenadaraan dengan kecepatan tertentu.

    • Sulit Belok

    Bearing roda mempunyai fungsi untuk memudahkan mobil saat berbelok dengan halus dan lebih lancar. Bila mobil sudah mulai sulit melakukannya, maka Anda perlu mengecek bearing roda tersebut.

    Bearing yang rusak akan membuat mobil lebih kesulitan berbelok. Anda perlu mengeceknya sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    roda berat

    • Berat saat Direm

    Saat sedang melaju dan harus berhenti, maka Anda perlu umelakukan pengereman. Hal ini tak akan menjadi masalah jika bearing baik-baik saja. Namun bila mengalami kerusakan, maka pengereman akan terasa berat.

    Cara Mengatasi Bearing Roda Mobil Rusak

    Ada berbagai cara mengatasi bearing roda rusak. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda terapkan:

    • Segera Mengganti

    Seaat bearing rusak, maka Anda tak bisa memperbaikinya lagi. Oleh sebab itu, Anda perlu segera mengantinya. Pergilah ke bengkel profesional untuk melakukan hal ini dan cari suku cadang pengganti yang berkualitas.

    • Rawat dengan Baik

    Penggantian bearing akan sia-sia jika Anda tak merawatnya dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti mengendarainya dengan hati-hati terutama saat banjir maupun di jalan yang rusak.

    • Gunakan Ukuran yang Sesuai

    Gunakanlah ukuran yang sesuai dengan rekomendasi. Hal ini ditujukan agar bearing bisa menahan beban roda maupun mobil dengan baik.