Berita

    Featured Image

    5 Tanda Transmisi Mobil Perlu Diservis

    Sama hal dengan komponen mobil lainnya, jika tidak diperhatikan serta dirawat dengan baik, transmisi mobil bisa rusak parah sehingga Anda harus menggocek uang puluhan juta untuk memperbaikinya.

    Meski begitu, nyatanya masih banyak pengendara yang tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti transmisi pada mobil.

    Nah, untuk mengetahuinya, intip ulasan berikut mengenai ciri-ciri transmisi yang harus segera diservis!

    5 Tanda Transmisi Mobil yang Perlu Diservis

    Terdapat dua jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu manual dan otomatis. Biasanya, kerusakan transmisi manual bisa dilihat dari performa akselerasi pada mobil yang menurun. 

    Kerusakannya pun lebih mudah untuk diperbaiki jika dibandingkan dengan transmisi otomatis. Karena itu, dibutuhkan lebih banyak perhatian terhadap perawatan transmisi kendaraan matic.

    Untuk mencegah kerusakan fatal, Anda bisa mengenali tanda-tanda diperlukannya perbaikan transmisi pada mobil Anda berikut ini:

    • Perpindahan Gigi yang Kasar

    Salah satu tanda yang bisa Anda rasakan ialah perpindahan gigi yang kasar atau terasa menghentak. Biasanya, hal ini disebabkan karena Anda tidak atau telat mengganti oli transmisi atau dikarenakan kebiasaan yang kasar ketika memindahkan gigi.

    • Tercium Seperti Bau Terbakar

    Sama halnya pada mobil manual, transmisi pada mobil matic pun bisa mengalami overheating yang memicu bau terbakar pada mobil. 

    Agar pergerakan komponen transmisi kembali lancar, Anda perlu menambahkan pelumas yang juga berfungsi menstabilkan suhu.

    • Bocornya Cairan Transmisi

    Cairan transmisi pada mobil berfungsi menjaga kapasitas pertukaran gear. Jika warna cairannya sudah gelap dan tercium bau terbakar, artinya Anda perlu segera menggantinya.

    • Respon Mobil Lemot

    Pada mobil matic, akselerasi mobil yang telat merespons juga merupakan salah satu ciri transmisi bermasalah. 

    Contohnya ketika pedal gas diinjak dan terdengar suara mesin menderu, tetapi mobil tidak melaju kencang atau kecepatan tidak meningkat. Artinya, komponen yang ada di dalam transmisi sudah mau habis. 

    • Sulit Memindahkan Gigi

    Tanda lain yang bisa dikenali adalah Anda kesulitan memindahkan gigi. Contohnya saat memindahkan dari posisi D ke P, atau dari posisi D ke N. biasanya, hal ini disebabkan oleh switch yang bermasalah. 

    Hal ini dikarenakan komponennya secara langsung bersinggungan dengan transmisi pada mobil matic.

    5 Tanda Transmisi pada Mobil Matic Perlu Diganti