Berita

    Featured Image

    Tips Mencegah Kerusakan pada Sistem Suspensi Mobil

    Sistem suspensi mobil menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan berpengaruh besar pada kenyamanan berkendara. Tidak hanya menentukan kenyamanan, suspensi juga berpengaruh pada keamanan selama mobil melaju. 

    Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kualitas sistem suspensi. Anda juga harus memastikan bahwa sistem suspensi pada mobil dalam kondisi bagus sehingga berkendara jadi lebih aman dan nyaman. 

    Penyebab Suspensi Mobil Mengeras

    Seiring berjalannya waktu, setelah mobil dikendarai cukup lama maka sistem suspensi pada mobil bisa saja berubah menjadi keras. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan suspensi keras dan mobil jadi tidak nyaman:

    • Suspensi Kotor

    Faktor penyebab yang pertama adalah kondisi suspensi yang kotor. Saat suspensi dalam kondisi kotor maka pergerakannya jadi terhambat dan sulit. Jika dibiarkan begitu saja hal ini juga bisa memicu kerusakan suspensi. 

    • Sering Melaju di Jalan Rusak

    Mobil yang sering melintas di jalanan rusak juga bisa saja mengalami kerusakan suspensi. Saat melewati jalan rusak, suspensi harus menahan beban dan guncangan lebih kuat jadi performanya bisa menurun. 

    • Muatan Melebihi Kapasitas

    Menurunnya kualitas suspensi juga bisa dipicu oleh kelebihan muatan. Jika mobil Anda sering memuat beban lebih dari kapasitas maka bisa jadi suspensi akan mengeras dan lama-lama rusak.

    • Suspensi Sudah Kedaluwarsa

    Ternyata suspensi juga memiliki masa pakai dan jika sudah melewati masa kedaluwarsa maka akan mengeras. Performa suspensi jadi kurang optimal dan membuat mobil Anda tidak nyaman. 

    • Jarang Melakukan Servis

    Tentunya kondisi suspensi juga bisa keras jika tidak diservis atau diperiksa sesuai jadwal. Mobil yang jarang servis biasanya akan lebih mudah mengalami kerusakan-kerusakan termasuk di bagian sistem suspensi. 

    Mencegah Kerusakan Sistem Suspensi 

    Saat sistem suspensi rusak, maka mobil tidak bisa melaju dengan optimal dan kenyamanan berkurang. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem suspensi mobil? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

    • Bersihkan Suspensi 

    Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan suspensi secara rutin. Suspensi yang kotor akan menghambat performa sehingga fungsi dari komponen ini tidak akan berjalan secara optimal.