Berita

    Featured Image

    Simak Cara Kerja Evaporator AC Mobil

    AC menjadi salah satu elemen penting yang memberikan rasa nyaman bagi para pengemudi maupun penumpang di dalam mobil. Kenyamanan yang dihasilkan AC, ternyata tidak lepas dari fungsi evaporator AC mobil yang ada di dalamnya.

    Di sini kami akan coba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara kerja evaporator AC mobil untuk mengenal lebih dekat fungsi-fungsinya.

    Fungsi Evaporator AC Mobil

    Fungsi utama dari evaporator AC yaitu sebagai sistem pendingin pada mobil. Letak evaporator berada tepat di antara katup ekspansi dan kompresor.

    Fungsi dari evaporator ini kebalikan dari kompresor. Jika kompresor berfungsi untuk menyerap panas refrigerant, maka evaporator ini berfungsi untuk menangkap hawa panas di udara, kemudian disalurkan pada refrigerant kemudian dijadikan udara dingin.

    Sederhananya, tanpa adanya evaporator AC mobil, maka AC tersebut tidak bisa menghasilkan udara dingin secara maksimal. Begitu juga ketika bagian ini mengalami kerusakan, maka tidak bisa menghasilkan udara dingin dan menyebarkannya.

    Bagaimana Cara Kerja Evaporator AC Mobil?

    Pertama-tama, evaporator akan menyerap hawa panas yang dibawa oleh udara. Kemudian hawa panas tersebut akan diserap oleh evaporator, lalu diubah menjadi udara dingin.

    Hawa panas akan disalurkan pada evaporator melalui blower. Setelah itu, panas akan bertemu dengan refrigerant yang merupakan sebuah zat pendingin.

    Pertemuan panas dengan refrigerant tersebut terjadi di dalam evaporator. Refrigerant sendiri merupakan sebuah zat yang memiliki suhu dan juga tekanan yang rendah karena proses pengabutan.

    Proses tersebut akan mengubah panas menjadi udara dingin. Evaporator yang menghasilkan udara dingin kemudian akan disalurkan ke seluruh bagian kabin sehingga udara di dalam mobil menjadi sejuk.

    Proses penyerapan panas oleh evaporator sama jumlahnya dengan panas yang diserap oleh kondensor dari refrigerant. Ketika jumlahnya tidak seimbang, bisa jadi ada permasalahan pada komponen tersebut.

    Gangguan yang Umum Terjadi pada Evaporator AC

    Sama seperti komponen yang lain, evaporator AC juga terkadang mengalami gangguan. Salah satu penyebabnya karena penumpukkan es pada bagian sirip evaporator.