Berita

    Featured Image

    Bau Hangus dari Kabin Mobil? Ini Penyebabnya

    Pernahkan Anda mengalami mobil mengeluarkan bau hangus dari kabin? Tentu Anda perlu hati-hati saat menghadapi situasi seperti ini. Hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian komponen di dalam mesin mobil.

    Bau hangus dari kabin mobil bisa membuat suasana ruang menjadi terasa sesak dan mengurangi kenyamanan pengemudi atau penumpang saat di perjalanan. Oleh karena itu, sebelum mencari tahu cara mengatasinya, penting untuk melihat faktor penyebab yang membuat mobil bau hangus.

    Penyebab Mobil Mengeluarkan Bau Hangus

    Bau hangus memiliki aroma yang tidak sedap sehingga membuat sirkulasi udara di dalam kabin bermasalah. Adapun penyebab munculnya bau ini bisa dikarenakan oleh beberapa poin berikut.

    • Pemanasan Berlebih

    Penyebab pertama, bisa terjadi akibat adanya komponen di dalam mobil yang terbakar atau terlalu panas. Masalahnya ini biasa terjadi pada komponen mesin atau sistem kelistrikan yang menyebabkan bau hangus muncul.

    • Komponen yang Meleleh

    Beberapa komponen yang mudah meleleh seperti karet dan plastik juga bisa memicu aroma tak sedap apabila terlalu panas. Apa lagi jika bagian bermaterial karet dan plastik ini terletak pada bagian mesin atau sistem pemanas.

    • Sisa Asap Rokok

    Larangan untuk merokok di dalam kabin sudah sering menjadi aturan agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap pada mobil. Hal ini dikarenakan, sisa-sisa asap rokok yang menempel di sekitar mobil sulit dihilangkan dan bisa menempel selama beberapa waktu.

    • Cairan yang Tumpah

    Jika terjadi kebocoran atau cairan tumpah seperti oli pe;imas atau sejenisnya, cairan ini bisa menguap dan menyebabkan bau hangus. Kondisi ini bisa terjadi terutama ketika mesin mengalami tekanan suhu yang tinggi.

    • Masalah Kopling Mobil 

    Kopling mobil adalah komponen yang deket dengan sistem pembakaran pada mobil. Jika bagian ini bermasalah, ini bisa menghasilkan aroma yang tidak sedap yang menyebabkan mobil mengeluarkan bau hangus.

    • Sistem Pengereman Terlalu Keras

    Alasan lainnya bisa terjadi saat adanya gesekan berlebih akibat pengereman yang terlalu keras. Masalahnya akan jauh lebih kompleks saat baunya sering muncul yang menunjukkan adanya masalah pada bagian sistem pengereman tersebut.

    • Ventilasi Bermasalah

    Alasan mobil mengeluarkan bau hangus selanjutnya bisa terjadi akibat ventilasi yang terbakar. Masalah ini biasanya terjadi akibat penumpukan debu dan kotoran yang menyumbat sistem ventilasi.

    • Kebocoran Minyak

    Penyebab terakhir yang menimbulkan aroma tidak sedap pada mobil Anda adalah terjadinya kebocoran minyak. Hal ini disebabkan karena minyak yang bocor jatuh ke knalpot yang panas saat berkendara sehingga membuat mobil bau gosong hingga ke dalam kabin.

    • Sparepart Kadaluarsa

    Komponen atau sparepart pada sistem mobil yang sudah tua, rentan sekali mengalami kondisi aus, Hal ini menyebabkan jika terjadi gesekan saat pemanasan, akan menimbulkan bau hangus. 

    Maka dari itu, agar selalu mengecek usia pemakaian pada komponen mobil Anda sesuai anjuran dari pabrikan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya komponen mobil yang terbakar akibat kadaluarsa.

    Jika Anda pernah mengalami masalah seperti timbulnya bau hangus pada mobil, beberapa penyebab di atas ini bisa menjadi salah satu faktor yang harus segera ditindak lanjuti dengan tepat. Dengan memahami apa penyebabnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan perawatan ataupun perbaikan ke bengkel terdekat.

    Untuk mencegah mobil mengeluarkan bau hangus, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan secara berkala pada mobil Anda ke bengkel terpercaya. Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs www.suzukikjiu.id