Berita

    Featured Image

    Ketahui Persiapan Sebelum Menyetir Jarak Jauh agar Berkendara Semakin Aman

    Menyetir jarak jauh menggunakan mobil bisa jadi hal yang menyenangkan. Kebebasan jalan terbuka, udara segar, dan pemandangan fantastis adalah sesuatu yang dinanti-nantikan setiap pengemudi saat berkendara jarak jauh. 

    Perjalanan darat sangat mengasyikkan karena memberi Anda pengalaman untuk dihargai. Lantas bagaimana agar menyetir dalam jarak jauh itu juga aman? Apa saja yang perlu disiapkan? Intip ulasan dalam artikel ini!

    Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menyetir Jarak Jauh

    Terdapat sejumlah hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum perjalanan jauh menggunakan mobil. Apa saja itu? Berikut daftarnya:

    • Lakukan Pemeriksaan Tapak Ban

    Tapak memberikan traksi serta membantu penyaluran air menjauhi ban sehingga bisa tetap menyentuh jalan kala hujan. Apabila tapak ban aus, maka pengemudi dapat kehilangan kendali, khususnya saat jalan basah.

    Lakukan pemeriksaan tapak ban di bengkel terdekat agar tidak ada masalah dalam perjalanan yang memang mengandalkan ketangguhan ban.

    • Lakukan pemeriksaan Seluruh Cairan yang Ada di Mobil

    Periksa oli, pendingin, minyak rem, dan level pencucian kaca bagian depan kendaraan. Dengan begitu, Anda tidak perlu berhenti darurat untuk servis ketika perjalanan. Di samping itu, awasi pula kopling serta cairan power steering kendaraan.

    • Lakukan Pemeriksaan Seluruh Fungsi Lampu dan Sinyal dalam Mobil

    Nyalakan setiap sinyal serta lampu, lalu pastikan apakah semuanya berfungsi. Lebih dari itu, akan jauh semakin gampang dan cepat untuk meminta seorang rekan memeriksa lampu ketika Anda menyalakannya. 

    Kemudian, jangan lupa pastikan bahwa lampu servis kendaraan Anda mati, jika tidak maka Anda wajib melakukan perbaikan dan mengatasi kendala sebelum memulai perjalanan Anda.

    • Bawa Perlengkapan untuk Menunjang Perjalanan

    Perlengkapan ini terhitung ponsel cadangan, paket baterai isi ulang, alat darurat (misalnya obeng, senter, tang, dan sejumlah kunci pas yang bisa disesuaikan), sampai ban cadangan. 

    Anda pun dapat mempersiapkan suar, kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, alat pemadam api, dan segitiga peringatan reflektif guna menghadapi kejadian terburuk apapun.

    • Cukupi Waktu Tidur Anda

    Sebelum Anda mulai menyetir jarak jauh, ketahuilah bahwa itu akan sangat melelahkan. Siapkan waktu tidur setidaknya 7 jam selama dua malam berturut-turut sebelum perjalanan untuk meningkatkan cadangan energi Anda.