Berita

    Featured Image

    Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil.

    Memahami cara membaca kode ukuran ban penting bagi setiap pemilik mobil agar tidak salah memilih ukuran. Pasalnya, ban mobil memiliki kode ukuran yang berbeda-beda, yaitu berupa kombinasi huruf dan angka yang menyatakan spesifikasinya.

    Melalui kode tersebut, Anda bisa mengetahui rincian informasi terkait ban yang ingin dibeli. Mulai dari spesifikasi ukuran, tipe, beban maksimum, hingga batas kecepatan tempuhnya.

    Berikut Cara Mudah Membaca Kode Ukuran pada Ban Mobil

    Memilih ukuran ban yang tepat sangat penting untuk menjamin keselamatan berkendara. Pasalnya, ukuran ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi performa kendaraan. Oleh karena itu, pahami cara membaca kode ukuran pada ban berikut ini.

    • Temukan Letak Kode Ban

    Khusus mobil, kode ukuran bannya terdiri atas tiga angka yang biasanya tercetak pada dinding samping ban, misalnya seperti kode “205/55 R16 95Y”. Masing-masing digit angka dan huruf yang tertera menunjukkan informasi yang berbeda-beda.

    • 3 Digit Angka Terdepan: Kode Lebar Ban

    Untuk mengetahui ukuran ban mobil yang tepat, maka kode yang harus diperhatikan adalah 3 digit angka terdepan yang menyatakan kode lebar ban dalam skala milimeter dalam kondisi saat velg dipasang.

    Sebagai contoh, untuk kode ban “205/55 R16”, artinya lebar ban yang diukur dari sisi ke sisi ban ketika ban sedang dipasang adalah 205 mm. Ukuran lebar bannya sendiri dapat bervariasi, mulai dari sekitar 135 mm hingga 355 mm.

    • 2 Digit Angka Sesudah Garis Miring: Rasio Ban

    Setelah 3 digit angka terdepan, terdapat 2 digit angka selanjutnya yang dipisahkan oleh tanda garis miring. Maksud dari 2 digit angka tersebut adalah persentase atau rasio dari ketinggian samping ban terhadap lebarnya.

    Pada contoh di atas, angka “55” menunjukkan bahwa rasio ketinggian samping ban adalah sebesar 55% dari total lebar ban. Rasio aspeknya sendiri dapat bervariasi, dari sekitar 25% hingga 85% atau tergantung pada produsen ban tersebut.

    • Huruf Bagian Tengah: Kode Konstruksi Ban

    Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah huruf di tengah-tengah kode ban yang diapit oleh 5 digit angka pertama dan 2 digit angka terakhir. Huruf tersebut menyatakan kode konstruksi ban yang menunjukkan tipenya.

    Umumnya, tipe ban pada mobil dapat berupa “R”atau “D”. Pada contoh di atas, “R” mengindikasikan bahwa tipe ban tersebut adalah radial. Sedangkan tipe “D” menunjukkan tipe konstruksi ban diagonal atau bias.

    • 2 Digit Angka Sesudah Huruf: Kode Lebar Diameter