Berita

    Featured Image

    Ini Alasan Jangan Rokok di Mobil

    Bagi sebagian orang, merokok adalah kebiasaan yang sudah menjadi bagian dari keseharian. Namun, merokok di dalam mobil adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Alasan jangan rokok di mobil cukup banyak, terutama dalam aspek keselamatan berkendara.

    Kebanyakan pengemudi merokok di dalam mobil dengan alasan agar tidak merasa bosan, terutama ketika berada di kondisi macet. Padahal, ada banyak dampak dari aspek keamanan dan keselamatan berkendara yang bisa terjadi..

    Selain itu dari segi kesehatan, merokok di mobil juga bisa mengganggu kondisi penumpang atau pengendara, sebab asapnya akan tertahan di interior mobil. Oleh karena itu, ketahui apa saja dampak merokok di dalam mobil sebagai alasan untuk menghindari perilaku buruk ini.

    Berikut Ini Alasan Jangan Rokok di Mobil

    Selain mobil, seluruh kendaraan bermotor lainnya seperti motor, bus, hingga truk juga wajib menaati peraturan tersebut. Hal ini penting untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bersama sesama pengguna jalan raya.

    Namun secara lebih spesifik, ada beberapa alasan mengapa pengemudi maupun penumpang dilarang keras untuk merokok di dalam mobil. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    • Mengganggu Visibilitas Berkendara

    Asap rokok dapat mengganggu penglihatan dan membuat pengemudi menjadi tidak fokus saat berkendara. Asap rokok dapat membuat kaca depan mobil menjadi keruh sehingga sulit melihat jalan dengan jelas, serta meningkatkan risiko kecelakaan.

    • Bahaya Kebakaran

    Rokok dapat mengandung bahan yang mudah terbakar dan dapat memicu kebakaran di dalam mobil. Jika asap rokok terkena bahan-bahan mudah terbakar seperti bensin, maka dapat memicu ledakan yang berbahaya bagi semua penumpang.

    • Mengganggu Konsentrasi Mengemudi

    Jika mengemudi sambil merokok, konsentrasi akan terganggu karena Anda harus menjaga pegangan kemudi sambil memperhatikan pegangan tangan ke rokok dan membuang abunya. Meski terlihat sepele, hal ini dapat membahayakan keselamatan.

    • Mengganggu Pengguna Jalan Lain

    Alasan jangan rokok di mobil selanjutnya adalah karena asap dan abu rokok yang dibuang ke jalan dapat mengganggu pengguna jalan lain. Bahkan, sering terjadi kasus dimana abu rokok yang masih panas masuk ke mata pengemudi motor di belakang.

    • Membuat Mobil Berbau Tidak Sedap

    Bau tidak sedap dari asap rokok dapat menempel pada permukaan mobil seperti jok, karpet, dan panel dashboard. Bau rokok sangat sulit dihilangkan, sehingga dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan membuat mobil terkesan tidak terawat.

    • Mengotori Sistem Sirkulasi AC