Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Lampu Indikator Injeksi Mobil Terus Menyala

    Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada mobil yaitu lampu indikator injeksi menyala terus. Jika lampu tersebut menyala secara terus-menerus dan terasa tidak normal, maka ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya.

    Supaya tidak mengakibatkan kerusakan yang lebih parah terhadap berbagai komponen mobil, maka hal ini sebaiknya segera diatasi. Jangan lewatkan penjelasan selengkapnya di artikel ini dan pastikan kondisi lampu indikator kembali normal!

    Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

    Secara umum, berikut adalah berbagai hal yang dapat menjadi penyebab menyalanya lampu indikator injeksi secara tidak normal. Sebaiknya Anda memahami berbagai hal berikut, sehingga mencegah atau mengatasi permasalahan dengan tepat:

    • Masalah di Bagian Aki

    Lampu indikator yang menyala secara tidak normal, dapat disebabkan karena terdapat masalah di bagian mesin mobil. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan aki mobil.

    Caranya, yaitu dengan mencabut kabel negatif yang terdapat pada aki, lalu tunggulah dalam waktu minimal tiga detik. Setelah itu, pasang kembali kabel tersebut ke posisi awal.

    Cek kembali lampu indikator yang tadi menyala, apakah masih menyala atau sudah kembali mati dan kembali normal. Jika masih belum mati, maka Anda dapat mengecek komponen lain untuk menemukan sumber masalahnya.

    • Tidak Rapatnya Penutup Bensin

    Hal kedua yang bisa menjadi penyebab yaitu ketika penutup bensin tidak tertutup rapat. Hal ini biasanya terjadi setelah mengisi bensin, lalu tidak menutupnya dengan benar.

    tutup bensiniStock.com

    Meski terlihat sepele, namun ini dapat menyebabkan berbagai risiko bahaya, misalnya terjadi kebakaran. Karena memiliki risiko besar, maka lampu indikator akan menyala dan memberi peringatan.

    • Filter Udara Sudah Kotor

    Penyebab selanjutnya yang bisa membuat lampu indikator injeksi menyala terus yaitu kotornya bagian filter udara.

    Bagian tersebut berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang diperlukan, sesuai dengan besarnya kapasitas udara yang masuk ke bagian mobil. Jadi, bagian filter ini memiliki hubungan erat dengan bagian sensor untuk mass air flow

    Jika sensor tersebut rusak, maka bisa saja akan memberikan peringatan melalui lampu indikator.

    Untuk mengatasi hal ini, jika filter udara sudah terlalu kotor, maka perlu diganti dengan yang baru. Selain itu, lakukan pemeriksaan dan pembersihan filter udara secara rutin untuk mencegah terjadinya berbagai risiko.

    • Rusaknya Sensor Oksigen

    Jika filter sudah bersih namun permasalahan lampu belum juga usai, maka Anda bisa coba mengecek bagian sensor oksigen.

    Fungsi dari komponen yang satu ini yaitu untuk melihat kapasitas oksigen yang ada di bagian knalpot, sehingga dapat diketahui sebanyak apa bahan bakar yang akan dibutuhkan.

    Jika bagian ini rusak, maka dapat menyebabkan berbagai kerusakan lain yang berpotensi membuat lampu indikator menyala secara tidak normal. Sebagai contoh, bisa membuat kerusakan pada komponen catalytic converter.

    • Rusaknya Catalytic Converter

    Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, penyebab berikutnya dari permasalahan lampu indikator ini yaitu karena rusaknya bagian catalytic converter.

    Komponen tersebut berfungsi untuk mengubah berbagai zat berbahaya yang keluar dari mesin mobil supaya bisa menjadi zat yang lebih ramah untuk lingkungan sekitarnya.

    Jika bagian ini rusak, maka bahan bakar pun bisa menjadi lebih cepat habis, sehingga tenaga pada mesin mobil juga jadi berkurang. Selanjutnya, Anda akan mendapat peringatan kerusakan melalui lampu indikator.

    Untuk penyebab kali ini, sebaiknya Anda periksakan dan konsultasikan langsung di bengkel, sehingga dapat ditangani oleh ahlinya.