Berita

    Featured Image

    Segini Jarak Berkendara Aman yang Wajib Anda Ketahui

    Jarak aman berkendara merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh setiap pengemudi. Hal ini bisa membantu pengemudi tersebut dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan karena terlalu dekat dengan mobil lain.

    Lantas, seberapa jauh jarak aman tersebut? Faktor apa yang perlu diperhatikan untuk menjaganya? Berikut ulasan selengkapnya!

    Jarak Aman Berkendara

    Mobil yang dikendarai tak bisa terlalu dekat dengan mobil lainnya agar perjalanan tetap aman sampai tujuan. Lantas, berapa jarak tersebut? Berikut rinciannya.

    • Jika kecepatan mobil sekitar 60 km/jam, maka jarak minimal antar kendaraan adalah 40 meter dan jarak amannya adalah 60 meter;

    • Jika kecepatan mobil sekitar 70 km/jam, maka jarak minimal antar kendaraan adalah 50 meter dan jarak amannya adalah 70 meter;

    • Bila laju mobil sekitar 80 km/jam, maka jarak minimal berkendara ialah 60 meter dan jarak amannya ialah 80 meter;

    • Bila laju mobil sekitar 90 km/jam, maka jarak minimal berkendara ialah 70 meter dan jarak amannya ialah 90 meter;

    • Bila kecepatan mobil sekitar 100 km/jam, maka jarak minimal dengan kendaraan lain adalah 80 meter dan jarak amannya adalah 100 meter.

    Selain itu, Kementerian Perhubungan juga mengeluarkan aturan tiga detik. Artinya, saat Anda berhenti di jalan, tunggulah hingga tiga detik setelah kendaraan di depan bergerak terlebih dahulu sebelum memajukan mobil.

    Periode tiga detik ini sesuai dengan cara kerja otak manusia yang membutuhkan 0,5 sampai 1 detik untuk memerintahkan kaki untuk menginjak rem jika kendaraan di depan berhenti lagi.

    Setelah diinjak, sistem pengereman akan membutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik lagi sehingga mobil benar-benar berhenti.