Berita

    Featured Image

    Kenali Jenis Chasis Mobil & Fungsinya

    Chasis mobil atau yang biasa disebut sasis merupakan sebutan untuk komponen bagian dalam mobil yang fungsinya sangat penting. Ini karena sasis adalah kerangka dasar atau tempat merakit berbagai komponen mesin lainnya.

    Jadi, sasis juga berperan untuk membuat setiap komponen di dalam mobil saling terhubung sehingga dapat berfungsi dengan semestinya.  Selain itu juga untuk  menjaga agar bentuk mobil tidak mengalami perubahan saat digunakan.

    Macam-macam Komponen dalam Chasis Mobil

    Pada dasarnya sasis terdiri dari power train dan suspense. Pada bagian powertrain berfungsi mengalirkan tenaga mesin ke bagian roda. Sementara suspense berfungsi menopang dan menjaga kestabilan mobil. 

    Berikut ini beberapa komponen yang terdapat di dalam sasis mobil secara umum.

    • Kopling

    Komponen pertama adalah kopling yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi. Dengan adanya kopling proses pemindahan gigi saat berkendara akan lebih halus.

    • Gardan

    Komponen sasis berikutnya adalah gardan yang berfungsi untuk membedakan antara putaran roda kiri dan roda kanan. Apabila putaran roda tidak dibedakan akan terjadi selip pada bagian roda sehingga terjadi keausan yang cukup membahayakan.

    • Transmisi

    Komponen chasis mobil selanjutnya, yaitu transmisi yang berfungsi memanipulasi putaran di bagian output mesin. Transmisi akan berfungsi ketika pengendara melakukan perpindahan gigi dan ketika pengendara membutuhkan torsi besar untuk melaju pada kecepatan tinggi.

    • Universal Joint

    Komponen yang tidak kalah penting berikutnya, yaitu universal joint yang menghubungkan antara momen puntir  yang bersifat fleksibel. Biasanya, universal joint dipasang di bagian belakang transmisi dan di bagian depan gardan.

    • Poros Propeller

    Berikutnya ada poros propeller yang berfungsi sebagai penghubung antara putaran transmisi di bagian depan dan di bagian belakang mobil. Umumnya poros propeller disematkan di jenis mobil dengan penggerak FR atau 4WD.

    • Rear Axle

    Komponen berikutnya ini memiliki bentuk berupa batangan yang berfungsi menghubungkan gardan dengan poros roda. 

    • Pegas

    Selain, rear axle ada komponen sasis lainnya yaitu pegas yang berfungsi meredam getaran. Pegas akan meredam guncangan saat mobil melewati jalan berlubang, polisi tidur, dan jalan dengan permukaan tidak rata.

    • Shock Absorber